Tak Hanya Bulutangkis, Indonesia Juga Unggulan Dunia di Cabor Panjat Tebing

Rabu, 3 November 2021 13:23 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tak hanya dari sektor bulutangkis, ternyata Indonesia juga cukup populer dan menjadi unggulan dunia, untuk cabang olahraga panjat tebing (climbing).

Jika di bulutangkis, ada Marcus Gideon/Kevin Sanjaya, serta Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang masih menghuni posisi teratas ganda putra terbaik dunia.

Belum lagi Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang menyabet medali emas ganda putri Olimpiade Tokyo 2020, semakin membuat pamor bulutangkis di Indonesia menanjak.

Namun, tak hanya bulutangkis Indonesia yang mendunia. Cabang olahraga panjat tebing juga menjadi salah satu cabor yang membuat Merah Putih makin dikenal dunia.

Hal ini juga diakui oleh Presiden Federasi Sport Climbing Internasional (IFSC), yakni Marco Scolaris, saat bertemu Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari di Italia.

Marco Scolaris mengaku ingat betul dengan momentum all Indonesia final di ajang Piala Dunia IFSC 2021 di Amerika, bulan Mei lalu.

Dua atlet muda Indonesia, yaitu Veddriq Leonardo dan Kiromal Katibin berhasil membukukan rekor dunia baru. Bahkan, masih ada banyak atlet potensial lainnya.