Saingi Indonesia, Malaysia Ingin Jadi Tuan Rumah SEA Games 2027

Rabu, 12 Januari 2022 21:05 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
© the star
presiden Dewan Olimpiade Malaysia (CMO) Tan Sri Mohamad Norza Zakaria mengatakan Malaysia berniat menjadi tuan rumah SEA Games 2027 bersaing dengan Indonesia. Copyright: © the star
presiden Dewan Olimpiade Malaysia (CMO) Tan Sri Mohamad Norza Zakaria mengatakan Malaysia berniat menjadi tuan rumah SEA Games 2027 bersaing dengan Indonesia.

INDOSPORT.COM – Malaysia dipastikan akan menjadi pesaing berat Indonesia yang berencana menjadi tuan rumah pesta olahraga SEA Games ke-34 pada 2027 mendatang.

Dilansir dari Bernama, presiden Dewan Olimpiade Malaysia (CMO) Tan Sri Mohamad Norza Zakaria mengonfirmasi niat tersebut dalam konferensi pers usai memimpin sesi ketiga Rapat Dewan Eksekutif CMO 2021/2025, Rabu (12/01/22).

Niat ini timbul setelah Federasi Olahraga Asia Tenggara (SEAGF) menghubungi CMO mengenai kemungkinan menyelenggarakan SEA Games menggantikan Brunei Darussalam yang menarik diri sebagai tuan rumah.

“Rapat telah sepakat untuk mengirim surat ‘Expression of Interest’ kepada SEAGF sementara CMO akan menyampaikan pemberitahuan ini kepada pemerintah dan diskusi lebih lanjut akan diadakan pada waktunya,” kata Norza Zakaria.

“Mengingat hubungan baik kita dengan SEAGF, saya pikir kemungkinan besar kita memiliki peluang bagus untuk mengamankan hak menjadi tuan rumah,” lanjut Norza.

Meski demikian, CMO masih harus mempertimbangkann kemampuan keuangan negara terlepas dari masalah pandemi COVID-19 sebelumm memutuskan menyelenggarakan SEA Games.

Sebagaimana diketahui, acara SEA Games 2027 seharusnya diselenggarakan di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam.

Akan tetapi, Negara Petro Dollar baru-baru ini telah menyatakan mundur sebagai tuan rumah pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Dengan Malaysia juga maju, maka kemungkinan besar mereka akan bersaing ketat dengan Indonesia yang juga berniat mengajukan proposal menjadi tuan rumah SEA Games 2027.

Indonesia melalui Komite Olimpiade Indonesia (NOC) telah menyatakan kesediaan menggantikan Brunei Darussalam dalam rapat Federasi SEA Games (SEAGF) yang digelar secara virtual pada 8 Desember 2021 lalu.