Gugus Tugas Janjikan Kabar Baik, WADA Segera Cabut Sanksi Indonesia?

Jumat, 14 Januari 2022 20:06 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© NOC Indonesia
Presiden Federasi Sport Climbing Internasional (IFSC), Marco Scolaris (kanan), saat bertemu Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. Copyright: © NOC Indonesia
Presiden Federasi Sport Climbing Internasional (IFSC), Marco Scolaris (kanan), saat bertemu Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

INDOSPORT.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA, Raja Sapta Oktohari menyampaikan kabar baik, jika Indonesia akan bebas dari sanksi.

WADA memberikan sanksi pada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI), 7 Oktober 2021 lalu, karena dinilai tidak patuh pada program anti-doping dan Kode WADA.

Akibatnya, penggunaan bendera Merah Putih di event olahraga menjadi terbatas. Indonesia juga sulit menjadi tuan rumah event olahraga selama masih ada sanksi.

LADI coba berkomunikasi dan koordinasi dengan WADA, Organisasi Anti-Doping Regional Asia Tenggara (SEARADO), dan juga Asosiasi Anti-Doping Jepang (JADA).

Raja Sapta Oktohari menjanjikan relasi positif ini dapat menghasilkan kabar baik bagi Indonesia dalam waktu dekat, yaitu dicabutnya sanksi WADA terhadap LADI.

"Akan ada kabar baik segera. Semoga dalam waktu dekat doa masyarakat untuk bisa melihat Merah Putih berkibar lagi dapat segera terwujud," kata Raja Sapta.

Menurutnya, LADI sudah menemukan apa saja kekurangan selama ini, sehingga usai mendapat sanksi, mereka akan membuat transformasi program anti-doping terbaik.

"Di luar pending matters, kami sejak awal menemukan tiga tantangan yang harus diselesaikan, yakni komunikasi, teknis, dan administratif," jelas Raja Sapta Oktohari.

"Satu-satu kami urai dan kami perbaiki agar LADI bisa lebih profesional dan modern."

"Komunikasi telah dibangun dengan baik, tak cuma ke WADA, tetapi SEARADO dan JADA. Semua yang telah dibangun ini bisa menjadi hasil yang positif bagi Indonesia."