Akhirnya, Menpora Sebut WADA Segera Cabut Sanksi Indonesia Awal Februari

Selasa, 18 Januari 2022 11:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Humas PBSI
Menpora RI, Zainudin Amali menyebutkan jika WADA akan segera mencabut sanksi untuk Indonesia di awal Februari 2022. Copyright: © Humas PBSI
Menpora RI, Zainudin Amali menyebutkan jika WADA akan segera mencabut sanksi untuk Indonesia di awal Februari 2022.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali menyebutkan bahwa Badan Anti-Doping Dunia (WADA) tengah meninjau pekerjaan LADI, dan segera mencabut sanksi awal Februari.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali meninjau progres kerja dari Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi WADA, Senin (17/1/22).

WADA memberi sanksi selama setahun kepada Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI), sehingga menyulitkan aktivitas olahraga nasional di kancah internasional.

Berhubung banyak agenda olahraga, dan tidak mungkin harus menunggu setahun, Menpora pun membentuk tim Gugus Tugas agar bisa berdiplomasi pada Oktober lalu.

Tiga bulan berselang, Menpora memberikan apresiasi terhadap kerja cepat Gugus Tugas yang dipimpin oleh Raja Sapta Oktohari, sehingga sebentar lagi bebas dari sanksi.

"Ini tak lepas dari kerja keras Okto sebagai ketua tim dan teman-teman. Saya dapat laporan dari Gugus Tugas, WADA puas dengan apa yang telah kita lakukan," cetusnya.

"Insha Allah, LADI segera mendapat status compliance (patuh). Semoga jika tidak ada arah melintang, awal Februari bisa selesai," kata Menpora Zainudin Amali, Senin (17/1/22).

Ungkapan Menpora ini mengindikasikan awal Februari, WADA akan meninjau ulang pekerjaan dari LADI, atau barangkali WADA akan langsung mencabut sanksi Indonesia.