Didominasi Atlet Muda, Indonesia Kirim 31 Cabor ke SEA Games Vietnam

Kamis, 31 Maret 2022 04:18 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali. Foto: Kemenpora Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengumumkan kontingen Indonesia berkompetisi di 31 cabang olahraga dari 40 cabor yang dilombakan di SEA Games 2021 di Vietnam.

Kontingen Indonesia berkekuatan 738 personel. Jumlah tersebut terdiri dari 476 atlet, 207 ofisial, dan 55 tenaga pendukung untuk mengikuti ajang SEA Games yang digelar pada Mei 2022 mendatang.

Menpora mengatakan, pemerintah melakukan efisiensi dalam pengiriman atlet, karena ajang SEA Games merupakan sasaran antara menuju Asian Games dan Olimpiade.

"Saya rasa cabor-cabor yang 31 ini sudah pernah berhadapan dengan tim review, sudah pernah di fit and proper, diuji oleh tim review. Sehingga meloloskan atlet dan jumlah kontingen yang seperti itu, dan se-objektif mungkin," ujar Zainudin Amali.

Pada SEA Games 2021 ini, pemerintah mengirimkan 60 persen atlet junior dan 40 persen atlet senior. Hal ini dilakukan supaya ada pelapis atlet yang dipersiapkan di olimpiade.

Jumlah atlet yang diberangkatkan ke Vietnam pun mengalami penurunan sekitar 43,4 persen dibanding SEA Games Filipina 2019 lalu (841 atlet dengan 56 cabor dan 529 nomor pertandingan).

"Karena sasaran utama kita adalah olimpiade. Maka komposisi atlet yang dikrim 60 persen junior, 40 persen senior. Jadi jelas konsisten kita dengan sasaran dan kemudian konsisten kita dengan pengiriman," jelas Zainudin Amali.

"Kita bicara targetnya olimpiade. Tadi tim review sudah melaporkan dan saya minta dari awal saya minta 60 persen atlet adalah junior. Sehingga kita ada pelapis, pelapis setelah yang senior ini akan akhir masa prestasinya," imbuhnya.