Tampil di SEA Games Vietnam, Vidya Rafika Bertekad Pertahankan Medali Emas

Jumat, 1 April 2022 02:45 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© NOC Indonesia
Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba, atlet menembak Indonesia Copyright: © NOC Indonesia
Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba, atlet menembak Indonesia

INDOSPORT.COM - Atlet menembak putri Indonesia yakni Vidya Rafika bertekad untuk mempertahankan medali emas saat tampil di SEA Games 2021 di Vietnam pada Mei 2022 mendatang.

Sebelumnya, Vidya Rafika berhasil menyabet medali emas di SEA Games 2019 Filipina. Pencapaian itu akan jadi bekal berharga bagi Vidya saat tampil di SEA Games Vietnam.

Ajang multievent dua tahunan se-Asia Tenggara itu akan dilangsungkan pada 12-23 Mei mendatang. Fika, sapaan karib Vidya, memperoleh medali emas dari dua nomor di SEA Games 2019, yakni pada nomor 10 meter air rifle putri dan 10 meter rifle campuran bersama rekannya, Fatur Gustafian.

Saat menerima kunjungan tim Chef de Mission untuk SEA Games Vietnam di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Kamis, Fika mengatakan semakin percaya diri untuk mempersembahkan emas terlebih ia punya bekal dan pengalaman tampil di Olimpiade Tokyo 2020 lalu.

"Saya akan berjuang untuk bisa mempertahankan medali emas. Olimpiade 2020 Tokyo memberikan saya perubahan yang sangat besar, terutama saat bertanding," ujar Vidya dilansir dari Antara

"Dulu saya masih sering merasa cemas, tetapi sekarang sudah bisa lebih mengontrol diri saya di lapangan," sambungnya lagi.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (PP Perbakin) Hendry Indrayani Oka mengatakan seluruh persiapan atlet berjalan dengan baik. 

Ia optimistis cabang menembak dapat memberi kontribusi medali bagi Merah Putih di multievent dua tahunan bergengsi ASEAN edisi ke-31 nanti.

Menurut Hendry, peta kekuatan kini sudah sudah bisa diprediksi setelah penyelenggaraan Kejuaraan Dunia ISSF Grand Prix Rifle/Pistol di Jakarta pada Februari lalu.