Futsal

Banjir Kritik, Kemenpora Akhirnya Pertimbangkan Kirim Timnas futsal Indonesia ke SEA Games 2021

Selasa, 12 April 2022 22:07 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor:
© AFF Futsal/FAT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT Copyright: © AFF Futsal/FAT
Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT
Ditentukan Besok Rabu

Pada Rabu (13/04/22) rencananya akan dilakukan rapat oleh Kemenpora dan juga KOI, KONI untuk menentukan nasih timnas futsal Indonesia.

Sejak awal sebenarnya baik tim putra maupun putri diajukan tim review untuk berangkat ke SEA Games 2021 namun keduanya hanya diprediksi paling banter meraih medali perunggu.

Hanya saja pihak yang berwenang semakin mantap untuk mengizinkan futsal mendapat representasi di SEA Games usai sukses yang lumayan di AFF lalu.

Menurut sekjen dari KOI, Ferry Kono, proses menentukan cabor mana saja yang berhak dikirim tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak perhitungan detil yang turut menyelidiki tidak cuma rekam jejak sebuah cabor, namun juga seberapa kompetitif tim yang tersedia saat ini.

"tim review bersepakat menunggu hasil Kejuaraan AFF Futsal putra, bila hasilnya masuk final maka mereka akan berangkat dengan potensi meraih perak. Dari situ lah tim review mengundang FFI guna memaparkan sampai tiga kali," kata Ferry seperti yang dilaporkan oleh Detik.

"Dari rekam jejak tim futsal putri sebenarnya bagus tetapi profil atlet yang dikasih ke tim review itu mereka punya catatan tersendiri atas nama-nama individu tersebut,"

"Jadi konsentrasi tim review bukan hanya rekam jejak tapi ditanya atletnya siapa. Nah, dilihat si atlet profilnya seperti apa. Dari catatan itu tim putra lebih baik, mereka ada Pelatnas, bertanding di AFF, dan ada liganya juga," Ferry menjelaskan lagi.

Jika memang alasan biaya menjadi halangan bagi timnas futsal Indonesia berangkat ke SEA Games, maka Hary Tanoesoedibjo siap turun tangan langsung.

Pengusaha kondang yang juga merangkap sebagai ketua umum FFI tersebut tidak keberatan untuk merogoh sakunya sendiri demi membiyai para atlet ke Vietnam.

Beruntung kini kondisi menjadi lebih kondusif dan akhir terbaik dari polemik yang diinginkan publik akan segera terwujud.