Pesona Emilia Nova, Atlet Lari Gawang yang Bakal Jadi Pembawa Bendera Indonesia di SEA Games 2021

Kamis, 28 April 2022 14:55 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Prio Hari Kristanto
© Instagram@emilianovanv
Atlet lari gawang, Emilia Nova, dipercaya jadi pembawa bendera Merah-Putih di defile Kontingen Indonesia dalam acara pembukaan SEA Games 2021. Foto: Instagram@emilianovanv Copyright: © Instagram@emilianovanv
Atlet lari gawang, Emilia Nova, dipercaya jadi pembawa bendera Merah-Putih di defile Kontingen Indonesia dalam acara pembukaan SEA Games 2021. Foto: Instagram@emilianovanv

INDOSPORT.COM - Atlet lari gawang, Emilia Nova, dipercaya jadi pembawa bendera Merah-Putih di defile Kontingen Indonesia dalam acara pembukaan SEA Games 2021. Pesona kecantikannya sungguh tak terbantahkan.

Ajang olahraga bergengsi, SEA Games 2021 akan segara dilangsungkan di Vietnam pada 12 Mei mendatang. Untuk pertama kali atlet perempuan Indonesia ditunjuk menjadi pembawa bendera Merah-Putih dalam sejarah partisipasi Indonesia di ajang SEA Games.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry J Kono, menjelaskan pemilihan Emilia sebagai pembawa bendera dilakukan karena berbagai pertimbangan.

Salah satunya berkat rekam jejaknya dalam multicabang dua tahunan itu. Apalagi SEA Games tahun ini bakal jadi ajang internasional perdana Emilia Nova setelah cedera.

"Kami memilih Emilia menjadi pembawa bedera Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender," ujar Ferry dilansir dari Antara. 

"Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara," sambungnya lagi.

Emil, sapaan akrab Emilia, memiliki prestasi cukup dalam keikutsertaannya pada multievent. Ia pernah meraih medali perak pada SEA Games 2017 di Kuala Lumpur, perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta di SEA Games 2019 Filipina.

Ferry juga menuturkan bahwa panitia penyelenggara SEA Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile.

Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri atas CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih, dan ofisial.