Bola Internasional

SEA Games 2021: Bantai Timnas Indonesia U-23 3-0, Pelatih Vietnam Bocorkan Kelemahan Marc Klok cs

Sabtu, 7 Mei 2022 03:34 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Subhan Wirawan
© PSSI
Park Hang-seo menyebut timnas Indonesia U-23 sudah lelah 30 menit sebelum laga usai sehingga Vietnam U-23 bisa menang 3-0 di matchday pertama SEA Games 2021. Foto: PSSI. Copyright: © PSSI
Park Hang-seo menyebut timnas Indonesia U-23 sudah lelah 30 menit sebelum laga usai sehingga Vietnam U-23 bisa menang 3-0 di matchday pertama SEA Games 2021. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Mengeksploitasi kelemahan timnas Indonesia U-23 diakui Park Hang-seo adalah kunci sukses Vietnam U-23 menang 3-0 di matchday pertama Grup A cabang sepak bola SEA Games 2021.

Di mata juru taktik asal Korea Selatan tersebut Skuat Garuda muda tidak memiliki stamina yang cukup baik untuk bertanding selama 90 menit penuh.

Maka dari itu Park Hang-seo tidak cemas kala anak-anak asuhnya sempat dutahan imbang tanpa gol di babak pertama dalam partai yang digelar di Stadion Viet Tri pada Jumat (06/05/22) lalu.

Dengan bantuan pemain pengganti yang lebih segar, Park Hang-seo kemudian menjadikan Vietnam U-23 tampak lebih menggigit dan akhirnya memborong tiga gol via kaki Nguyen Lien Tinh, Do Hung Dung, dan Le Van Do.

Sejak lama daya tahan di atas lapangan memang jadi masalah untuk timnas Indonesia di berbagai level termasuk U-23.

Masih belum optimalnya penerapan gaya hidup sehat layaknya atlet profesional adalah penyebab kenapa fenomena ini masih bertahan.

Di rezim kepelatihan Shin Tae-yong, kekurangan ini sudah berusaha untuk diatasi namun stamina bukan sesuatu yang bisa diperbaiki dalam waktu singkat.

“Pemain lawan mengalami penurunan fisik setelah pertandingan berjalan satu jam. Di babak pertama, mereka mampu mempertahankan konsentrasi. Saya lalu meminta pemain untuk tetap fokus menjelang babak pertama berakhir,” beber Park Hang-seo seperti yang dilansir laman federasi sepak bola Vietnam (VFF).

“Perubahan taktik kemudian kami lakukan dengan  mengganti (Nguyen) Van Tung. Dia striker yang bagus, tapi belum berpengalaman, jadi saya memasukkan (Nham) Manh Dung. Yang kedua adalah pergantian posisi Le Van Xuan dan Le Van Do,”

“Biasanya, Van Xuan bergerak di sayap kiri, tetapi saya perhatikan dia juga bermain bagus ketika bergerak ke kanan. Perubahan membawa hasil yang baik, dan kami memiliki pertandingan yang oke,” tambahnya.