In-depth

3 Kebobrokan SEA Games 2021 Sejauh Ini, Banyak Kecurangan Demi Vietnam Juara Umum?

Rabu, 18 Mei 2022 13:00 WIB
Editor: Juni Adi
© Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Sea Games Vietnam. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/INDOSPORT.com
Logo Sea Games Vietnam.

INDOSPORT.COM - Penyelenggaraan SEA Games 2021 di Vietnam masih diselimuti keputusan-keputusan kontroversial. Apa saja itu?

Sempat tertunda satu tahun akibat pandemi Covid-19, pesta olahraga mutli cabang terbesar di kawasan Asia Tenggara, SEA Games 2021, akhirnya telah resmi dimulai.

Upacara pembukaan digelar di Stadion My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (12/05/22) malam WIB, berlangsung meriah meski masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Acara pembukaan yang berlangsung sekitar dua setengah jam itu pun ditutup dengan pertunjukan kembang api, diiring sorak sorai penonton di sejumlah tribun stadion My Dinh.

For a Stronger South East Asia, demikian tema yang diusung dalam SEA Games Vietnam 2021 ini, yang akan berlangsung hingga 23 Mei 2022.

Pesan-pesan yang disampaikan dalam acara pembukaan di Stadion My Dinh Hanoi itu juga umumnya menyiratkan semangat bangsa-bangsa Asia Tenggara.

Untuk bangkit menatap masa depan olahraga yang lebih kuat setelah dua tahun terakhir harus bergulat dengan pandemi. 

Dari 40 cabor tersebut, ada 526 nomor pertandingan. Salah satu cabor yang dipertandingkan, merupakan olahraga asli Indonesia, Pencak Silat.

Jumlah tersebut lebih ramping dari edisi sebelumnya diaman SEA Games 2019 di Filipina mempertandingkan 56 cabor dengan 530 nomor.

Hal tersebut membuat tim Indonesia tidak banyak mengirim wakilnya, lantaran sejumlah cabang olahraga andalannya banyak tak dipertandingkan seperti panjat tebing atau wushu.

Berbeda dari SEA Games 2019 di Filipina, dimana tim Merah Putih mengirim kekuatan 841 atlet dari 52 cabang olahraga.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali juga realistis dalam target. Ia bahkan tidak mau mengumbar target medali maupun peringkat akhir di SEA Games 2021 ini.

Keresahan yang dirasakan oleh Zainudin Amali sejauh ini cukup tepat. Dalam enam hari penyelenggaraan, posisi Indonesia dalam tabel klasemen perolehan medali masih tertinggal.

Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-5 dengan perolehan tiga emas, empat perak dan tujuh perunggu hingga pukul 11:00 WIB (18/05/22).

Saat ini tuan rumah Vietnam memimpin dengan rumah Vietnam yang saat ini telah mengumpulkan total 234 medali dengan rincian 105 emas, 65 perak dan 64 perunggu.

Sayangnya prestasi Vietnam di SEA Games 2021 ini diselimuti dengan kontroversi. Sebab banyak hasil pertandingan di beberapa cabang olahraga 

Sayangnya prestasi Vietnam di SEA Games 2021 ini tidak diimbangi dengan penyelenggaraan yang baik. Sebab masih ada beberapa cabang olahraga yang diselimuti oleh kontroversi baik dari panitia ataupun juri pertandingan.

Lantas apa saja kontroversi yang terjadi selama SEA Games 2021 ini berlansung? berikut tiga kasus di antaranya.