Indonesia Raih Peringkat 3 SEA Games, Menpora: 10 Tahun Lagi Tembus 5 Besar Dunia!

Senin, 23 Mei 2022 11:23 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
© NOC Indonesia/MP Media/Gilang Riandi
Timnas Voli Putra Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara bertahan usai menang 3-0 atas Vietnam di Quang Ninh Gymnasium, Minggu (22/05). Foto: NOC Indonesia/MP Media/Gilang Riandi Copyright: © NOC Indonesia/MP Media/Gilang Riandi
Timnas Voli Putra Indonesia berhasil mempertahankan gelar juara bertahan usai menang 3-0 atas Vietnam di Quang Ninh Gymnasium, Minggu (22/05). Foto: NOC Indonesia/MP Media/Gilang Riandi

INDOSPORT.COM - Indonesia berhasil mengamankan peringkat tiga di klasemen akhir perolehan medali SEA Games 2021. Menpora Zainudin Amali pun mengumbar target ambisius. 

Indonesia akhirnya menutup ajang SEA Games 2021 dengan berada di peringkat tiga klasemen akhir, dengan perolehan 69 medali emas, 92 perak, dan 80 perunggu.

Tuan rumah Vietnam bertengger di urutan teratas dengan 206 emas, 124 perak dan 113 perunggu, disusul oleh Thailand dengan 92 emas, 101 perak, dan juga 135 perunggu.

Ranking ini adalah capaian terbaik yang pernah diraih Merah Putih pada empat penyelenggaraan SEA Games terakhir.

Yang paling menjadi perhatian, jumlah atlet Indonesia yang diikutsertakan dalam SEA Games kali ini menjadi yang terkecil, yakni 499 atlet yang berkompetisi di 32 cabor.

Pemerintah melalui Tim Review Kementerian Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional menyeleksi atlet yang diberangkatkan ke SEA Games dengan pertimbangan prestasi.

Pola baru ini dibuat agar Merah Putih dapat berorientasi pada acuan prestasi yang lebih tinggi, yakni Asian Games dan Olimpiade.

"Kita harus mereformasi cara kita. Ini memang paradigma baru dan tidak bisa dilihat secara instans," ungkap Menpora Zainudin Amali pada Minggu (22/05/22).

"Tapi, hasil ini menjadi langkah yang baik bagi kita, bisa kita tuai hasilnya sepuluh tahun mendatang," lanjut Menpora lagi.

"Saya yakin bila hal ini dilakukan secara konsisten, kita bisa menembus lima besar dunia," pungkas Menpora Zainudin Amali.