SEA Games 2021 Jadi Bukti, Menpora Jabarkan Kesuksesan Implementasi DBON

Senin, 30 Mei 2022 22:48 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© Kemenpora
Menpora Zainudin Amali. Foto: Kemenpora Copyright: © Kemenpora
Menpora Zainudin Amali. Foto: Kemenpora

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali menyampaikan tentang latar belakang lahirnya Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), hingga manfaat yang diraih dalam implementasinya di SEA Games 2021 Vietnam.

Hal itu disampaikan saat membuka Webinar Nasional Program Studi Pendidikan Olahraga Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) secara daring dari Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (28/5/22).

"Yang sedang kita lakukan dalam olahraga kita ini adalah hal mendasar. Kita sedang melakukan perubahan besar dalam pembinaan olahraga nasional sesuai arahan Presiden Joko Widodo saat peringatan Haornas 2020," kata Zainudin Amali di awal sambutannya.

"Presiden meminta kepada saya dan stakeholder olahraga lainnya untuk melakukan review total tentang ekosistem pembinaan prestasi olahraga nasional," cetusnya.

Presiden menyampaikan bahwa penduduk berjumlah 274 juta jiwa ini, tetapi prestasi olahraganya tidak sebanding dengan besarnya jumlah penduduk. 

Dan banyak sebab lainnya. Atas dasar itu Zainudin Amali bergerak cepat berdiskusi dengan berbagai pihak, profesor dan guru besar keolahragaan untuk menemukan masalah apa yang ada. 

"Kenapa prestasi olahraga bisa kalah peringkat dunia dari negara kecil Jamaika yang hanya berpenduduk 2 juta jiwa dan luas wilayah 11.000 km2. Jauh lebih besar kita tapi kenapa kita kalah dalam peringkat dunianya," ujar Menpora mencontohkan.

"Hal seperti ini yang harus dipetakan dan banyak lagi, tentu tak bisa hanya dalam waktu singkat, satu dua tahun. Inilah pekerjaan panjang," jelas Menpora Amali. 

"Untuk itu, kita harus merancang bagaimana perencanaan olahraga jangka panjang, menengah dan, pendek," ungkap Menpora dalam webinar bertajuk Pembangunan Olahraga Indonesia Jangka Panjang yang Berkemajuan.