x

Klasemen Medali SEA Games 2021: Panen Emas Meski Bulutangkis Gagal, Indonesia Menuju 3 Besar

Kamis, 19 Mei 2022 00:01 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Berikut klasemen medali SEA Games 2021, Kamis (19/05/22) pagi WIB. Panen emas meski gagal di bulutangkis, Indonesia tinggalkan Malaysia dan menuju 3 besar.

INDOSPORT.COM – Berikut klasemen medali SEA Games 2021, Kamis (19/05/22) pagi WIB. Panen emas meski gagal di bulutangkis, Indonesia makin jauh tinggalkan Malaysia dan makin  dekat ke 3 besar.

Dunia olahraga tengah diramaikan oleh gelaran SEA Games 2021. Kompetisi multievent negara-negara Asia Tenggara itu digelar di Hanoi, Vietnam, 12-23 Mei 2022.

Baca Juga

Hingga Rabu (18/05/22) dini hari WIB, Indonesia berada di peringkat kelima dengan 27 emas, 41 perak, dan 39 perunggu. Kontingen tanah air tertinggal 3 emas dari Singapura di posisi 4 dan unggul 4 emas dari Malaysia di posisi 5.

Pada Rabu (18/05/22), kontingen Indonesia mengikuti sejumlah nomor yang berhasil menghasilkan tambahan medali, termasuk final bulutangkis beregu putri.

Emas ke-28 untuk kontingen Indonesia sendiri datang hari ini dari cabang olahraga dayung, tepatnya kayak K4 putra.

Baca Juga

Kuartet Sutrisno, Joko Andriyanto, Andri Agus Maulana dan Tri Wahyu Buwono merebut emas di nomor K4 putra 1000 meter dengan mengalahkan kuartet Myanmar dan Vietnam yang merebut perak dan perunggu.

Emas dari dayung itu pun langsung disusul oleh medali emas lainnya yakni dari cabor panahan di nomor recurve beregu putra.

Trio Riau Ega Agata, Alviyanto Bagas Prastyadi, dan Arif Dwi Pangestu merebut emas mengungguli Vietnam dan Malaysia yang meraih perak dan perunggu.

Baca Juga

Istimewanya, Riau Ega kemudian merebut emas ketiga puluh dengan memenanginya di nomor recurve beregu campuran, berduet dengan Rezza Octavia.

Rezza Octavia sendiri sukses menghadirkan medali emas ke-31 bagi Indonesia di SEA Games 2021 usai memenangi nomor recurve individu putri. Panahan bahkan menambah 1 medali emas lagi lewat Arif Dwi Pangestu di recurve individu putra sehingga total meraih 4 emas sepanjang Rabu kemarin.


1. Bulutangkis Gagal Raih Emas

Tim Bulutangkis Beregu Putri Indonesia meraih medali perak SEA Games 2021. Foto: PBSI

Sayangnya, panen medali emas yang dihasilkan dari cabang olahraga panahan itu gagal diikuti oleh cabor favorit lainnya, bulutangkis.

Berlaga di partai final beregu putri, Putri Kusuma Wardani dkk harus puas dengan medali perak usai kalah telak dari Thailand.

Baca Juga

Dalam laga yang dimulai pada pukul 13.00 WIB itu, tim bulutangkis putri Indonesia melakukan sejumlah perubahan, di antaranya diparkirnya tunggal putri Gregoria Mariska.

Akibatnya, Putri Kusuma Wardani pun naik menjadi tunggal pertama dan turun di partai pertama menghadapi Pornpawee Chochuwong. Sayangnya, Putri KW kalah 16-21 20-22 dari Chochuwong.

Tertinggal 0-1, Indonesia berharap dari Apriyani Rahayu/Siti Fadia yang turun di partai kedua sebagai ganda pertama.

Baca Juga

Namun, Apriyani/Fadia juga kalah dua set langsung 16-21 12-21 dari Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Tim bulutangkis  Indonesia pun akhirnya harus puas dengan medali perak setelah di partai ketiga, Stephanie Widjaya kalah telak 14-21 8-21 dari Supanida Katethong.

Di cabor lain, tim futsal putra Indonesia gagal meraih medali emas setelah bermain imbang 1-1 dengan Thailand. Indonesia memang masih di puncak klasemen, tapi bakal tergusur Thailand atau Vietnam yang masih menyimpan 1 laga sisa.

Baca Juga

Secara umum, pada Rabu (18/05/22) ini, kontingen Indonesia berhasil menambah 9 medali emas dengan rincian 4 dari panahan, 2 dari karate, dan masing-masing satu dari kayak, menembak, dan taekwondo.

 Dengan hasil ini, kontingen Indonesia mantap di posisi 4 dengan 36 emas, unggul 9 emas dari Malaysia di posisi 5. Tak hanya itu, Indonesia juga mengintip peluang masuk 3 besar karena hanya tertinggal 1 emas dari peringkat 3, Filipina.


2. Klasemen Medali

Logo Sea Games Vietnam.

Berikut klasemen perolehan medali di SEA Games 2021, Hanoi, Vietnam, per Kamis (18/05/22) dini hari WIB.

IndonesiaMalaysiaFilipinaRiau Ega AgataPanahanBulutangkisBerita BulutangkisSEA Games 2021

Berita Terkini

Berita Terpopuler