Komunitas

Sambut Bali Marathon 2016, Komunitas Lari Terbesar di Indonesia Beri Wejangan

Selasa, 26 Juli 2016 22:23 WIB
Penulis: Farah Hanifati | Editor: Randy Prasatya
© Internet
 Copyright: © Internet

Bali Marathon 2016 merupakan event ke-5 yang berlokasi di Bali. Acara ini diselenggarakan oleh jaringan bank dan grup jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia, yaitu Maybank.

Event yang diselenggarakan di pulau eksotis ini sangat menarik karena mengombinasikan olahraga lari dan kehidupan alami warga Bali, serta kesenian tradisional setempat. Event Bali Marathon pertama diselenggarakan pada 2012 dengan nama BII-Maybank Bali Marathon. Karena ada perubahan nama bank, tahun 2016 nama event diubah menjadi Maybank Bali Marathon.

Lomba lari jalan raya berstandar internasional ini memikat hati para pecinta olahraga lari, khususnya komunitas lari terbesar di Indonesia, yaitu Indo Runners. INDOSPORT pun berkesempatan mewawancari salah seorang pendiri Indo Runners Depok, Chia Harijanto.

Chia mengaku bahwa motivasi Indo Runners mengikuti event ini adalah guna mengajak lebih banyak orang lagi untuk berlari.

"Tujuannya ya biar sehat, menuju Indonesia lebih sehat," tutur Chia kepada INDOSPORT.

Indo Runners merupakan salah satu komunitas lari yang aktif mengikuti event-event lari di Indonesia. Komunitas yang anggotanya dari Sabang sampai Merauke ini memiliki 41 region keanggotaan. Perkiraan peserta yang akan mengikuti Bali Marathon adalah 500 sampai 700 orang dari berbagai regional.

Kepada redaksi INDOSPORT, Chia juga tak lupa memaparkan tips and trick dalam latihan khusus mereka. Menurutnya, segala latih harus dilakukan secara serius bukan main-main dan melakukan carbo loading, yaitu mengkonsumsi karbohidrat lebih banyak selama 3-4 hari sebelum perlombaan lari jarak jauh.

"Latihan tidak pernah bohong. Kalau latihannya bercanda, hasilnya ya main-main juga. makan dan minum dijaga, makan yang sehat-sehat saja, terus carbo loading. Biasanya disediakan pisang dan air beserta isotonik," tandas Chia.

"Latihannya itu menggunakan training plan. Bukan hanya lari-lari rutin. Indo Runners itu punya jadwal latihan tetap, dua kali seminggu. Tiap regional beda jadwalnya, tapi seringnya Kamis malam dan Minggu pagi. Latihan khusus marathon di luar latihan rutin. Latihan khusus marathon terdiri dari speed works dan long run. Ada jadwalnya, biasanya lamanya 12 minggu," ungkap Chia.

Para Indo Runners yang turut ambil bagian dalam event lari besar ini mengaku sangat senang walaupun tanpa sponsor yang mengakomodasi kegiatan mereka selama di Bali. Alasannya, mereka dapat berkumpul dengan seluruh region se-Indonesia.

Chia juga menyebutkan bahwa 'tuan rumah' Indo Runners Bali akan mengadakan acara di salah satu restoran untuk makan bersama sebelum memulai perlombaan.

Untuk persiapan acara ini, Indo Runners bukan tanpa hambatan, mereka punya kendala dalam latihan khusus untuk bermarathon. Hal itu disebabkan sulitnya mencocokkan jadwal para anggota karenakan kesibukan masing-masing yang sering 'bentrok'.

Saat ini, Indo Runners bukan hanya jadi komunitas lari paling besar di Indonesia. Indo Runners bergeser menjadi movement, yaitu gerakan menuju sehat melalui berlari.

Atas eksistensinya yang sangat konsisiten, komunitas ini memiliki anggota dari regional luar negeri, seperti Amerika dan Jerman. Berdasarkan data media sosial Indo Runners, anggota aktif yang terdaftar sebanyak 80 ribu anggota.