Olimpiade 2016

Kosovo dan Mimpi Panjang Kelmendi yang Terwujud di Olimpiade Rio

Senin, 8 Agustus 2016 14:03 WIB
Editor: Randy Prasatya
 Copyright:

Juara dunia Judo dua kali, Majlinda Kelmendi, masuk ke turnamen Olimpiade Rio 2016 dalam kelas 52kg putri. Dalam kategori itu, ia menjadi favorit teratas.

Sebelum terjun ke Olimpiade 2016, ia datang ke Olimpiade 2012 di London sebagai delegasi dari Albania, sebab pada saat itu IOC belum mengakui Kosovo.

Di Olimpiade kali ini Kelmendi mendapat kehormatan manjadi pembawa bendera Kosovo guna memimpin delapan delegasi atlet di Rio. Bendera yang ia bawa tentu akan terasa lebih berat, sebab ada beban memenangkan medali pertama untuk negara Kosovo.


Tangis bahagia Majlinda Kelmendi saat raih medali emas pertama untuk Kosovo.

Hal itu lantaran janji Kelmendi sebelum berangkat ke Olimpiade Rio, yang ingin untuk membawa suka cita bagi warga Kosovo.

Namun, siapa sangka jika harapan Kelmendi dengan cepat terwujud. Ia mampu meraih medali emas pertama untuk Kosovo.

“Sejujurnya saya datang ke sini untuk medali emas, itu gila. Ini adalah pertama kalinya Kosovo ikut serta di Olimpiade, dan untuk pertama kalinya saya berpikir emas sang besar,” ujar Kelmendi, seperti dikutip NBC Olympics.


Majlinda Kelmendi meneteskan air mata bahagia di podium medali.

“Saya selalu ingin jadi bagian dari Olimpiade dengan bendera Kosovo dan lagu Kosovo. Saya telah bermimpi begitu lama dan saya telah menolak banyak tawaran dari negara lain untuk mewakili mereka,” sambung Kelmendi.

Presiden IOC, Thomas Bach, menjadi pemberi medali emas untuk Kelmendi. Kesempatan itu sekaligus mewujudkan supahnya saat berkunjung ke Kosovo tahun lalu. Saat itu ia bersumpah untuk melakukan yang terbaik bagi Kosovo.

278