PON XIX 2016

Mendekati PON XIX, Venue Atletik Belum Selesai

Senin, 5 September 2016 14:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

Persiapan cabor atletik untuk menggelar tes event dalam waktu dekat ini maupun juga untuk pertandingan PON, dikabarkan terganggu menyusul ada beberapa kendala yang muncul.

Adanya peralatan yang tertahan, bahkan belum terpasang serta beberapa kendala teknis menjadi alasan utama. Bukan tidak mungkin juga hal ini dapat diprediksi akan menjadi penghambat kesuksesan ajang PON XIX 2016.

Keadaan itu pun membuat PB PASI (Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) angkat bicara. PB PASI menilai, saat ini memang seharusnya semua yang hal yang berhubungan dengan technical sudah rampung. Namun ia justru tidak mengetahui jika masih ada kendala yang belum juga terselesaikan.

“Sejauh ini belum ada kabar terbaru dari PB PON terkait hal itu, tetapi PB PASI memang ikut ambil bagian untuk bagian technical. Idealnya itu memang harus sudah ada. Kami belum tahu apakah ada masalah, tetapi kita berharap secepatnya diselesaikan,” ujar Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung kepada INDOSPORT.

Kekhawatiran akan suksesnya gelaran PON di cabang atletik pun diutarakan oleh ketua bidang pembinaan dan prestasi PB PASI, Paulus Lay. Ia mempertanyakan kesiapan PB PON selaku panitia yang terkesan lambat, sementara dalam beberapa hari ke depan akan dilakukan tes event.

“Sebenarnya itu urusan PB PON, karena tanggal 10 itu ada tes juri serta uji coba panitia. Tetapi kalau alatnya belum ada, terus bagaimana?” ujarnya sambil tertawa.

Di PON XIX kali ini, cabang olahraga atletik sendiri akan menggelar pertandingannya di Stadion Pakansari, Cibinong mulai tanggal 22 hingga 28 September. Sementara itu, semua nomor lapangan yang dilombakan harus menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar Federasi Atletik Internasional.

PON XIX 2016 sendiri rencananya akan digelar pada tanggal 17 hingga 29 September 2016 mendatang.