Hadapi Asian Games 2018, Lintasan Dayung Siap Diperpanjang

Selasa, 4 Oktober 2016 12:25 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Sebagai tuan rumah Asian Games XVIII/2018, Sumatera Selatan bakal menambah panjang lintasan arena dayung di danau buatan Kompleks Olahraga Jakabaring, Palembang.

Lintasan dayung yang semula memiliki panjang 1.000 meter akan diperpanjang menjadi 2.200 meter untuk menyesuaikan dengan standar internasional.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin di Palembang, Senin (03/10/16), mengatakan bahwa pengerjaan sudah dilakukan sejak beberapa bulan lalu dengan target selesai pada 2017.

“Semula danau buatan ini hanya sepanjang 1.000 meter tapi untuk keperluan Asian Games diperpanjang lagi hingga mencapai 2.200 meter. Bukan hanya panjangnya, kedalamannya juga ditambah 5 meter,” kata Alex Noerdin seperti dikutip dari Antara.

Ia mengatakan arena dayung ini bakal menjadi yang terbaik di Asia karena bukan hanya menyediakan lintasan untuk bertanding tapi juga terdapat lintasan untuk berlatih.

Selain itu juga akan dibangun tribun penonton berkapasitas 2.000 tempat duduk di lintasan dayung tersebut.

“Mungkin bukan hanya terbaik di Asia, tapi terbaik di dunia karena satu-satunya arena dayung yang ada di tengah kota. Coba bandingkan dengan Asian Games di Incheon, Korea Selatan 2014 yang arena dayungnya di pinggir kota,” jelas Alex.

Ia mengatakan untuk pembangunan arena tersebut, Sumsel sama sekali tidak mengeluarkan dana karena dianggarkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum (PU).


Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin

Meski demikian, pemerintah sudah sepakat akan membangun arena bertaraf internasional yang sesuai dengan standar pertandingan Asian Games bahkan Olimpiade.

“Yang jelas pada 2017 nanti, setelah arena ini selesai akan langsung digelar kejuaraan dunia. Bukan itu saja, atlet-atlet waterski dari beberapa negara Eropa sudah menyatakan akan menggelar pemusatan latihan di Palembang karena sedang mengalami musim dingin,” sambungnya.

Arena dayung Jakabaring sebelumnya telah digunakan untuk pertandingan Kejuaraan Dunia Wakeboard dan Waterski 2012 dan 2013, yakni tepatnya satu tahun setelah Sumsel menjadi tuan rumah SEA Games 2011.

Image result for dayung di danau buatan Kompleks Olahraga Jakabaring
Suasana di sekitar danau Jakabaring, Palembang - Sumatera Selatan

Arena ini berada dalam satu kawasan di Kompleks Olahraga Jakabaring, yang di dalamnya juga terdapat arena olahraga lain seperti Stadion Akuatik, Stadion Menembak, Stadion Tenis, Stadion Atletik dan Stadion Sepakbola.

Sebelumnya, Rapat Kordinasi Komite (Corcom) ke-4 di New Kuta Hotel a Lexington Legacy, Bali pada 11 Mei 2016, memutuskan Sumsel menggelar 12 cabang olahraga yakni sepakbola untuk babak penyisihan, kano/kayak, bola voli untuk babak penyisihan, dayung, menembak, triatlon, bola basket untuk babak penyisihan, sepak takraw, olahraga panjat tebing, tenis untuk babak penyisihan, dan soft-tenis untuk babak penyisihan, serta boling.