Critic Sport

Peparnas Jabar 2016, Momentum Perlakuan Setara Bagi Kaum Difabel di Arena Olahraga

Jumat, 11 November 2016 15:00 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Galih Prasetyo
© Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Atlet angkat besi di perhelatan Peparnas Jabar 2016 Copyright: © Muhammad Ginanjar/INDOSPORT
Atlet angkat besi di perhelatan Peparnas Jabar 2016

Jawa Barat berkesempatan menjadi tuan rumah ajang Peparnas XV pada 2016 lalu, usai menggelar hajatan PON XIX sebelumnya. Berbeda dengan PON, Peparnas lebih istimewa karena melibatkan para atlet difabel dengan kebutuhan khusus yang tentunya memiliki kelebihan dalam bidang olahraga yang mereka geluti.

Pekan Paralimpiade Nasional XV/2016 adalah ajang olahraga nasional utama untuk penyandang disabilitas di Bandung, Jawa Barat, dari tanggal 15 sampai 24 Oktober 2016. Sebanyak 13 cabang olahraga akan dipertandingkan lebih banyak dari Peparnas XIV yang mempertandingkan 11 cabang olahraga.

Jawa Barat terpilih sebagai tuan rumah pada Rapat anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) 2010 di Jakarta pada tanggal 27 April 2010. Bandung terakhir kali menjadi tuan rumah Pekan Paralimpiade Nasional pada tahun 1998, dan pertama kalinya sejak tahun 1998, Pekan Paralimpiade Nasional berlangsung di Pulau Jawa.

Peparnas sekaligus menjadi ajang pembuktian kesetaraan bagi para penyandang cacat yang tak kalah berprestasi di bidang olahraga. Dengan segala keterbatasannya, mereka sukses menunjukkan jika cacat dan kekurangan bukanlah halangan untuk berprestasi sebagai atlet.

Peparnas merupakan tangga awal bagi para atlet difabel Indonesia yang berprestasi untuk melangkah lebih jauh. Mereka nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti ajang olahraga internasional lainnya di level Asia Tenggara, Asia, bahkan hingga tingkat dunia.

Perjuangan mengharukan para atlet difabel di ajang Peparnas Jabar 2016 tentunya sangat luar biasa meskipun tentunya beberapa perbaikan di ajang Peparnas selanjutnya perlu dilakukan agar presatsi atlet difabel Tanah Air dapat melesat ke level dunia.

Berikut INDOSPORT memberikan sekilas ulasan mengenai penyelenggaraan Peparnas Jabar 2016. Termasuk berbagai kekurangan dan masukan untuk gelaran Peparnas Jabar 2016.

50