Meski Dana Belum Maksimal, Atlet Jatim Sudah Dihujani Bonus

Sabtu, 17 Desember 2016 04:40 WIB
Kontributor: Fajar Kristanto | Editor: Yohanes Ishak
© Fajar Kristanto/INDOSPORT
Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Grahadi, Surabaya. Copyright: © Fajar Kristanto/INDOSPORT
Gubernur Jatim Soekarwo di Gedung Grahadi, Surabaya.

Pada PON Jabar 2016 yang digelar 17-29 September 2016 lalu, Jatim menempati urutan kedua di bawah Jabar yang tampil sebagai juara umum. Jatim memperoleh 132 emas, 138 perak, dan 134 perunggu.

Pemprov Jatim sudah menyiapkan anggaran bonus sebesar Rp130 miliar. Namun, Pemprov Jatim baru mampu membagikan 75 persen atau senilai Rp90 miliar.

“Jujur, ada sekitar Rp330 miliar anggaran DAU (Dana Alokasi Umum) kita yang dipangkas oleh pusat, sehingga tidak bisa memberikan bonus penuh. Tapi, itu sudah kami perhitungkan jauh hari sebelum menentukan jumlah besaran bonus ini,” jelas Gubernur Jatim, Soekarwo di Gedung Grahadi, Surabaya.


Gubernur Jatim, Soekarwo di Gedung Grahadi.

Pria yang akrab dipanggil Pakde Karwo itu memastikan jika 25 persen sisa bonus, akan segera menyusul dan langsung dibagikan pada akhir Januari 2017.

“Tidak perlu kuatir. Mudah-mudahan akhir Januari nanti sudah bisa cair,” tambahnya.

Lebih lanjut, Pakde Karwo mengaku sangat bangga jika kontingen Jatim bisa meraih posisi runner up di PON Jabar. Bahkan, dirinya merasa Jatim cukup layak menyandang gelar juara umum sejati.


Para atlet tim Jatim berfoto bersama dengan pemprov Jatim.

“Dengan berbagai persoalan yang ada di sana (PON Jabar), saya bangga atas raihan Jatim sebagai runner up. Kalau saya boleh bilang, sejatinya kita lah yang sebenarnya juara umum,” ungkapnya.

Beliau juga berharap, torehan prestasi atlet Jatim di PON Jabar bisa dipertahankan, bahkan ditingkatkan dalam PON XX/2020 Papua. Cabang olahraga (cabor) yang menyumbang medali emas terbanyak, seperti cabor selam, renang, ski air, senam, panahan dan aeromodelling, tetap menjadi cabor andalan dan lumbung medali Jatim empat tahun mendatang.

“Kalau atlet-atlet ini dipertahankan, saya yakin kita juara umum di PON Papua mendatang,” tandasnya.

48