Sang Mantan Kapten Ungkap Kegagalan Timnas Futsal di Piala AFF 2016

Jumat, 27 Januari 2017 18:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Tengku Sufiyanto
© Fajar Kristanto/INDOSPORT
Mantan kapten Timnas Futsal Indonesia, Caesar Silitonga, angkat bicara soal kegagalan Skuat Garuda di Piala AFF Futsal 2016. Copyright: © Fajar Kristanto/INDOSPORT
Mantan kapten Timnas Futsal Indonesia, Caesar Silitonga, angkat bicara soal kegagalan Skuat Garuda di Piala AFF Futsal 2016.

Timnas Futsal Indonesia hanya menorehkan satu kemenangan atas Laos (19-1), dan kalah dua kekalahan beruntun dari Malaysia (kalah 5-6) serta Myanmar (kalah 3-6) pada seluruh laga babak penyisihan Grup B Piala AFF Futsal 2016.

Hasil tersebut embuat Timnas Futsal gagal melangkah ke babak semifinal. Bayu Saptaji dan kolega hanya memperoleh tiga poin, kalah tiga angka dari Malaysia dan Myanmar yang memastikan diri ke babak semifinal.

Mantan kapten Timnas Futsal, Caesar Silitonga, angkat bicara soal kegagalan tim besutan Andri Irawan. Ia menilai, hal yang wajar apabila Skuat Garuda gagal melangkah lebih jauh dikarenakan persiapan yang minim.  

“Terkait penyebab gagalnya Timnas Futsal adalah persiapan yang minim, karena coach Andri Irawan baru pegang tim kurang dari sebulan,” ungkap pemain IPC Pelindo II itu.
 


Timnas Futsal Indonesia saat menghadapi Laos.

“Jadi mungkin ada skema yang belum jalan. Tetapi di sini, saya lihat ada faktor yang berguna bagi adaptasi pemain muda terutama  untuk menempa mental dan jam terbang,” tambah pemain yang berposisi sebagai pivot.

Di sisi lain, Caesar Silitonga juga mengungkapan ada satu hal yang cukup mengganjal di hatinya. Ia cukup menyesalkan kekalahan Timnas Futsal Indonesia dari Myanmar. Hal itu disebutnya sebagai suatu sejarah yang buruk.

“Terkait pantas disebut gagal dan tanpa harus menyudutkan siapapun, jujur ini sejarah untuk saya kalau kalah dari Myanmar,” katanya.

Caesar Silitonga sendiri tidak bisa bergabung dengan Timnas Futsal Indonesia di Piala AFF Futsal 2016, karena masih dalam pemulihan dari cedera dan harus beristirahat hingga Februari 2017. 

168