Asian Games 2018

Wapres Berikan Tenggat Persiapan Asian Games

Selasa, 7 Maret 2017 21:24 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Wakil Presiden Jusuf Kalla menginstruksikan agar terjadi progres maksimal pada persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang mendatang. Minimal, kata Wapres, persiapan telah mencapai 75 persen pada pertengahan tahun 2017 nanti.

"Pak Wapres betul-betul memberi 'warning' kepada penyelenggara agar mencurahkan segenap tenaga, sehingga minimal 75 persen ini bisa tercapai, tidak boleh setengah-setengah," kata Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi seperti dilansir Antara.

Wapres RI sebagai Ketua Panitia Pengarah Asian Games 2018 telah memanggil Menpora Imam Nahrawi dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Selasa petang, untuk mengetahui perkembangan persiapan Asian Games 2018.

Menurut Imam, kedua menteri melaporkan bahwa penyelenggara, baik kementerian terkait maupun Indonesia Asian Games 2018 Organising Committee (INASGOC) dan Komite Olimpiade Indonesia (KOI), melakukan tugasnya dengan baik dan benar sesuai dengan akreditasinya.

Perwakilan OCA dan INASGOC meninjau persiapan Asian Games 2018.

Menko PMK Puan Maharani mengatakan setiap bulan akan dilakukan rapat rutin secara bergilir di kementeriannya, Kemenpora, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, serta KOI, untuk berkoordinasi terkait persiapan penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Insya Allah setiap bulan dilakukan rapat-rapat rutin secara bergiliran sehingga waktu yang tinggal 17 bulan untuk Asian Games, kita memang harus lebih serius menjalankan apa yang menjadi penugasannya," kata dia.

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018. Terdapat 484 nomor pertandingan yang akan digelar dalam 42 cabang olahraga.

Indonesia akan kembali menjadi penyelenggara Asian Games setelah menjadi tuan rumah pada 1962.