Asian Games 2018

Wapres JK: OCA Sudah Setuju Jumlah Cabor di Asian Games

Rabu, 10 Mei 2017 10:28 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12, Jusuf Kalla dalam jumpa pers usai rapat Asian Games 2018. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Wakil Presiden Indonesia ke-10 dan 12, Jusuf Kalla dalam jumpa pers usai rapat Asian Games 2018.

Dalam kurun 13 bulan lagi, Indonesia akan menyelenggarakan kompetisi multi event terbesar di benua Asia, yakni Asian Games 2018. Sebagai tuan rumah, Indonesia jelas akan berusaha keras agar dapat bisa meraih prestasi membanggakan di ajang empat tahun tersebut.

Untuk itu, Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia, Jusuf Kalla dalam jumpa pers bersama awak media di kantornya yang berada di kawasan Medan Merdeka Selatan akan segera mengadakan pertemuan dengan perwakilan setiap cabang olahraga, yang dipertandingkan di Asian Games 2018.

"Besok malam saya akan mengundang semua cabang olahraga untuk musyawarah bagaimana betul-betul menjaga prestasi kita dengan baik," kata Kalla, di Jakarta, Selasa (09/05/17) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, pria yang akrab disapa JK itu mengatakan bahwa Olympic Council of Asia (OCA) telah menerima dan menyetujui usulan Indonesia, terkait jumlah cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan dalam Asian Games 2018.

© Kompasiana
Caption Copyright: KompasianaJK menyatakan akan ada pertandingan 39 cabor di Asian Games 2018.

Jumlah cabor yang telah disepakati tersebut sebanyak 39 cabor dengan total 426 nomor pertandingan. Tercatat dari 39 cabor tersebut, sebanyak 31 merupakan olympic sports, lima cabang non olimpiade dan tiga usulan dari Indonesia yaitu paralayang, jetski dan bridge.

"Kita sudah sepakat dengan OCA, bahwa Asian Games itu harus dengan standar yang terjaga. Karena itu butuh biaya yang efektif juga dan ada fokus, sehingga cabang olahraga jangan terlalu besar," kata JK.

Sedikit informasi, JK telah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Ketua Pengarah Kepanitiaan Penyelenggaraan Nasional Asian Games ke-18 tahun 2018 melalui Keputusan Presiden Nomor 7 tahun 2017.