Scuba Diving Siap Buat Halmahera Selatan Mendunia

Kamis, 11 Mei 2017 07:49 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© indopacificimages
Terumbu Karang di Pulau Joranga, Halmahera Selatan. Copyright: © indopacificimages
Terumbu Karang di Pulau Joranga, Halmahera Selatan.

Halmahera Selatan yang merupakan bagian dari wilayah Provinsi Maluku Utara ini siap mendunia. Pasalnya, keindahan bahari yang disajikan dapat menjadi daya tarik utama kepada turis lokal maupun internasional untuk berbondong-bondong menikmatinya.

Ya, terdapat beberapa lokasi yang dapat dinikmati akan keindahan wisata bahari milik Indonesia ini. Dilansir oleh indopacificimages, beberapa tempat seperti Pulau Pisang, Pulau Joranga, Batu Jabu, hingga Proco Channel adalah tempat favorit para penikmat olahraga scuba diving.

Sekadar informasi, scuba diving atau selam scuba merupakan olahraga air yang menggunakan alat pernapasan bebas dalam waktu yang lama di kedalaman air laut, baik untuk berekreasi maupun menyelam profesional.

Dilansir oleh Kutaraya, faktor kejernihan air laut dapat memengaruhi jarak pandang penyelam dalam melakukan scuba diving. Semakin jernih air, maka semakin panjang jarak penyelam dalam melakukan scuba diving.

Terdapat 3 kategori saat melakukan scuba diving, yakni kategori baik, sedang, dan buruk. Kategori baik memiliki jarak pandang di atas 20 meter, yang biasanya jarak pandang tersebut hanya terdapat pada lokasi yang sangat jauh dari muara sungai, seperti di Pulau Bunaken.

© indopacificimages
Terumbu Karang di Pulau Pisang Copyright: indopacificimagesTerumbu karang di Pulau Pisang, Halmahera Selatan.

Sedangkan kategori sedang memiliki jarak pandang antara 8 hingga 20 meter. Lokasi kategori sedang biasanya terdapat di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Tidung, Pulau Pramuka, dan sekitarnya. Untuk kategori buruk berupa jarak pandang yang kurang dari 8 meter, yang biasanya berlokasi di sekitar muara sungai.

Melihat hal itu, membuat Nur Kamarullah selaku Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Halmahera Selatan melakukan upaya untuk mempromosikan wisata lokal tersebut, mengingat laut di sekitar Halmahera Selatan memiliki tingkat kejernihan yang baik untuk melakukan olahraga scuba diving.

© indopacificimages
Terumbu Karang di Batu Jabu, Halmahera Selatan. Copyright: indopacificimagesTerumbu karang di Batu Jabu, Halmahera Selatan.

Salah satu upaya yang dilakukannya adalah dengan mengikuti pameran Produk Kreatif dan Investasi Daerah (GKPN EXPO 2017) yang digelar di Jogja City Mall, Yogyakarta pada 11-14 Mei 2017.

“Keikutsertaan kami dalam pameran ini untuk mempromosikan berbagai macam potensi yang dimiliki Halmahera Selatan mulai dari potensi budi daya mutiara, potensi kuliner dan potensi travel atau pariwisata,” ucapnya dikutip dari Tribun.

“Sejauh ini kebanyakan yang berkunjung adalah wisatawan dari Eropa. Mereka sangat menyukai diving di beberapa pulau di antaranya di Pulau Guraici, Pulau Widi, Pulau Sali dan Kusu,” tambahnya.

1