Olimpiade 2016

100 Lebih Medali Olimpiade Brasil Dikembalikan ke Panitia

Sabtu, 20 Mei 2017 18:00 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

Olimpiade di Rio de Janeiro, Brasil pada 2016 lalu sudah hampir satu tahun selesai dilaksanakan. Namun, sejumlah permasalahan masih menyelimuti kompetisi empat tahunan tersebut.

Baru-baru ini dilaporkan sedikitnya sebanyak 130 medali yang diraih para atlet dikembalikan kepada pihak penyelenggara. Pasalnya, medali yang mereka terima memiliki bercak hitam yang jelas membuat tampilan medali tidak sedap dipandang.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Direktur Komunikasi Olimpiade 2016, Mario Andrada. Menurut pengakuannya, medali yang dikembalikan juga berasal dari ajang Paralimpiade.

"Umumnya kerusakan itu akibat jatuh atau salah perawatan, lapisannya terkelupas, berkarat atau menjadi hitam di titik kerusakannya," seperti dikutip dari Reuters.

© Newsth.com
Medali Rio 2016. Copyright: Newsth.comSejumlah medali Olimpiade Rio 2016 dikembalikan ke panitia.

Selain itu, Andrada juga mengatakan kerusakan pada medali terjadi lantaran kondisi cuaca yang jauh berbeda dari tempat pembuatan medali di Brasil yang terkenal dengan iklim tropis dan kondisi tempat tinggal atlet yang bisa saja beriklim dingin.

"Masalah kedua yang tidak terlalu banyak, yaitu suhu yang terlalu dingin," paparnya.

Amanda pun mengatakan semua medali yang dikembalikan oleh sejumlah atlet akan langsung diminta diperbaiki ke pihak Brazillian Mint yang merupakan perusahaan pembuatnya.

Perlu diketahui keseluruhan medali perak dan perunggu yang diperebutkan dalam Olimpiade 2016 terbuat dari 30 persen bahan daur ulang.