SEA Games

Daftar 3 Penampilan Terburuk Indonesia di SEA Games

Rabu, 30 Agustus 2017 17:36 WIB
Penulis: Juni Adi | Editor: Joko Sedayu
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pengukuhan Kontingen Indonesia SEA Games 2017. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pengukuhan Kontingen Indonesia SEA Games 2017.

Sejumlah cabang olahraga di SEA Games 2017 telah rampung digelar. Closing ceremony dijadwalkan akan berlangsung di Stadion Bukit Jalil pada Rabu (30/8/2017) malam WIB. 

Sebanyak 406 medali emas, 402 perak dan 526 perunggu diperbutkan 11 negara dalam 38 cabang olahraga yang dipertandingkan di SEA Games 2017.

Dalam perolehan medali sejauh ini, tuan rumah Malaysia dipastikan menjadi juara umum pada event olahraga terbesar se-Asia Tenggara ini. Malaysia mendulang medali total 323 dengan rincian 145 emas, 92 perak dan 86 perunggu.

Sementara itu, kontingan Indonesia bertengger diurutan kelima dalam klasemen perolehan medali, sehingga gagal mewujudkan target emas yang dipatok pemerintah yakni 55 medali emas dan 95 medali perak.

Pasalnya, hingga hari terkahir jelang penutupan, Indonesia hanya mampu mendulang total 191 medali dengan rincian 38 emas, 63 perak dan 90 perunggu.

© kualalumpur2017
Perolehan Medali. Copyright: kualalumpur2017Perolehan Medali.

Hal tersebut tentu menjadi sorotan banyak pihak, melalui Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta maaf atas hasil tersebut.

"Wajar kita semua prihatin dengan hasil ini dan saya pun harus mohon maaf. Saya bertanggung jawab terhadap ini semua dan sudah barang pasti ini akan menjadi evaluasi total kami," ujar Menpora Imam Nahrawi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (29/8/2017) seperti dikutip dari Antara.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Menpora, Imam Nahrawi, memimpin upacara kemerdekaan Indonesia ke-72. Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTMenpora, Imam Nahrawi, memimpin upacara kemerdekaan Indonesia ke-72.

Lebih lanjut Imam juga mengatakan, terkait pencapaian Indonesia di SEA Games 2017 akan menjadi evaluasi untuk penampilan Indonesia di Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

"Saya sudah minta kepada Satlak Prima, kepada KOI, untuk mencatat semua. Kita adakan evaluasi apakah itu murni soal atlet, soal wasit, atau soal-soal nonteknis yang lain. Saya belum bisa menyampaikan hari ini karena SEA Games masih berjalan, tapi yang pasti SEA Games ini akan betul-betul menjadi bahan evaluasi total kita untuk menuju sukses prestasi Asian Games," tambah Imam.

Hasil kurang memuaskan di SEA Games tahun ini menjadi catatan serius untuk Kemenpora dan Satlak Prima agar benar-benar membenahi prestasi atlet tanah air di kancah Internasional.

Ini adalah kali keempat Indonesia gagal memenuhi target emas. Sebelumnya, Indonesia sudah tiga kali gagal mencapai target yang dipatok oleh pemerintah di SEA Games, yakni SEA Games 1999, 2009 dan 2015.

Berikut tiga rangkaian prestasi kurang memuaskan kontingen Indonesia di SEA Games yang dirangkum oleh INDOSPORT.