Pasukan Sehat

TNI Siap Bantu Atasi Kabut Asap yang Ancam Asian Games 2018

Rabu, 1 Agustus 2018 17:30 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
LOGO ASIAN GAMES 2018. Copyright: © INDOSPORT
LOGO ASIAN GAMES 2018.

INDOSPORT.COM - Demi mensukseskan Asian Games 2018, TNI siap memberi bantuan untuk mengatasi beberapa masalah yang muncul.

17 hari lagi Asian Games 2018 akan berlangsung di Indonesia. Namun, kota Palembang yang jadi salah satu kota penyelenggara, terancam terkena gangguan kabut asap akibat kebakaran hutan di Sumatera Selatan.

Melihat ancaman tersebut, pihak TNI berjanji akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menanggulanginya. TNI akan melakukan beberapa upaya, salah satunya ialah dengan membuat hujan buatan.

“Khusus gangguan asap di Sumatera Selatan, TNI telah melakukan berbagai upaya pencegahan diantaranya modifikasi cuaca dengan hujan buatan dan alat detector untuk mendeteksi gambut yang kering selanjutnya disiram dengan air agar terjaga kelembabannya,” ujar Panglima TNI Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto.

Hadi juga menambahkan, bahwa ada 55 desa di Palembang yang berpotensi menimbulkan gangguan asap terbesar. Maka dari itu, ia menginstruksikan personelnya dan para anggota Polri untuk berjaga ke desa-desa tersebut.

“Di desa-desa tersebut saat ini kita tempatkan personel TNI, Polri dan komponen masyarakat lainnya untuk menetap di sana, mereka bertugas menunggu supaya tidak ada asap sesuai harapan kita semua,” jelasnya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, sudah mewanti-wanti kemungkinan gangguan asap sejak Januari 2018 lalu.

"Lebih baik betul-betul mencegah agar tidak terjadi kebakaran. Kalau sampai terjadi kebakaran kemudian asapnya sampai menutupi arena olahraga, pasti akan membuat kita malu," tutur Sutopo.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.COM