Pasukan Sehat

TNI-Polri Kolaborasi dalam Tim Medis Asian Games 2018

Rabu, 15 Agustus 2018 23:18 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Puspen TNI
TNI-Polri kolaborasi dalam tim medis untuk Asian Games 2018. Copyright: © Puspen TNI
TNI-Polri kolaborasi dalam tim medis untuk Asian Games 2018.

INDOSPORT.COM - Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) mengemban tugas tidak hanya sebagai penjaga keamanan dan ketertiban selama berjalannya Asian Games 2018. Namun, mereka turut andil dalam hal penanganan medis. 

Tim Medis Kesehatan yang disebut sebagai Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan TNI-Polri tersebut siap digerakkan kapan pun guna melaksanakan tugas sebagai tim medis selama pagelaran Asian Games 2018. Satgas tersebut turut dilengkapi dengan armada ambulan darat maupun udara dari berbagai tipe.

Dalam apel kesiapan Satgas Kesehatan TNI-Polri di Lapangan Gedung B3 Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (15/8/18), Wakil Asisten Operasi (Waasops) Panglima TNI Marsma TNI Kahairil Lubis menyebutkan sekitar 105 mobil ambulan disiagakan oleh Satgas Kesehatan TNI-Polri.

"80 mobil di Jakarta dan 25 mobil di Palembang, ditambah dengan empat helikopter," ungkap  Lubis, dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.

Sementara itu, menurut Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Indoneia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Dendi T. Danianto, sinergitas antara TNI-Polri dalam perhelatan Asian Games merupakan hal yang luar biasa dan dapat menjadi contoh guna mensukseskan acara ini. 

Dendi juga mengemukakan apresiasinya terhadap pemerintah karena telah mempersiapkan secara optimal segala sarana dan prasarna Asian Games sehingga dapat terlaksana dengan baik, termasuk melibatkan TNI dan Polri dalam hal pengamanan dan dukungan kesehatan.

"Dengan kesiapan kita hari ini, maka kita telah menunjukkan kepada negara-negara kawasan Asia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games yang baik," ujar Dendi.

Selain Wasekjen INASGOC dan Waasops TNI, hadir pula pada apel tersebut Kapuskes TNI Mayjen TNI Dr. Ben Yura Rimba, MARS selaku Penanggung Jawab Operasional Satgas Kesehatan, Kapuskes Angkatan Darat Mayjen TNI Dr. Bambang Dwi Hasto, dan pejabat Korps Kesehatan TNI dan Polri lainnya.

Penulis: Bagas Rahadian

Ikuti Terus Berita Sport dan Sepak Bola Hanya di INDOSPORT.COM