Menpora Hadiahi Anak Pemanjat Tiang Bendera Nonton Asian Games 2018

Jumat, 17 Agustus 2018 18:00 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini, Indonesia dihebohkan dengan adanya siswa SMP yang tengah viral di media sosial karena memanjat di tiang bendera. Hal itu dilakukan untuk melepaskan tali pengait yang tersangkut saat upacara Hari Kemerdekaan berlangsung.

Siswa pemanjat tiang bendera tersebut diketahui bernama Johannes Adekalla (Joni). Dirinya merupakan siswa dari SMPN 1 Silawan Motoaain, Belu NTT, yang lokasinya berada di perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Akibat aksi heroik yang dilakukannya, Joni mendapatkan banyak pujian dan apresiasi dari masyarakat umum karena keberaniannya memanjat tiang bendera. Tak terkecuali oleh Mentri Pemuda dan Olahraga, Republik Indonesia, Imam Nahrawi.

"Kalau ada yang bertanya siapa pahlawan hari ini, saya mengatakan Joni Belu," kata Menpora Imam Nahrawi, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat 17 Agustus 2018.

Imam Nahrawi sendiri berencana untuk memberikan apresiasi atas keberanian sang anak memanjat tiang bendera. Dirinya akan mengundang dan mengajak sang anak untuk menyaksikan langsung salah satu pertandingan di Asian Games 2018.

"Ini tentu perjuangan menyelamatkan Bendera Merah Putih. Itulah sebuah tekad. Bagi Joni bukan bahaya tapi tantangan. Menurut saya, dia adalah pahlawan yang patut diberi penghargaan," kata Imam.