Asian Games 2018 Telah Usai, Pemprov DKI Tetap Berlakukan Perluasan Ganjil Genap

Minggu, 2 September 2018 22:56 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Juni Adi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Semarak gelaran Asian Games 2018 memang sudah hampir berakhir. Namun, peraturan lalu lintas perluasan ganjil genap yang diterapkan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan tetap berlangsung.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menetapkan kebijakan perluasan ganjil genap bakal diperpanjang sampai tanggal 13 Oktober mendatang, atau tepatnya setelah Asian Para Games usai. Anies juga menambahkan bahwa perluasan ganjil genap tak akan berjeda meski Asian Games sudah selesai, dan Asian Para Games belum dimulai.

"Mengapa ini dilakukan? Kita ingin mempermudah pengelolaan lalu lintas dan juga menjaga kebiasaan yang sudah terbangun selama Asian Games," ujar Anies seperti dilansir dari Beritajakarta.

Anies sendiri menjelaskan kalau peraturan perluasan ganjil genap ini membawa dampak positif bagi budaya berkendara masyarakat Jakarta. Menurut Anies, ada peningkatkan kecepatan kendaraan sampai dengan 37 persen sejak perluasan ganjil genap diterapkan.

Sisi positif juga muncul dari sektor transportasi umum. Berdasarkan penuturan Anies, jumlah penumpang Transjakarta meningkat hingga 40 persen.

"Saya menilai kebijakan ini memberikan dampak positif. Tentunya, kita akan terus evaluasi kebijakan jangka pendek yang diterapkan hingga 13 Oktober mendatang secara komprehensif," ungkap Anies.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada semua yang sudah ikut menyukseskan pelaksanaan Asian Games dengan terlibat mengikuti secara tertib kebijakan ganjil genap ini," tutup Anies.

Perluasan ganjil genap merupakan peraturan khusus yang dibuat Pemprov DKI demi kelancaran gelaran Asian Games 2018. Peraturan ini sendiri sudah mulai diberlakukan secara resmi sejak 1 Agustus lalu.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain Serta Serba-serbia Asian Games 2018 di INDOSPORT.