Puluhan Ribu Orang Ramaikan Pawai Obor Asian Para Games 2018

Rabu, 12 September 2018 20:47 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Puluhan ribu orang turut meramaikan pawai obor Asian Paragames 2018 di Kota Makassar. Copyright: © Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Puluhan ribu orang turut meramaikan pawai obor Asian Paragames 2018 di Kota Makassar.

INDOSPORT.COM - Makassar merupakan kota kedua setelah Ternate yang menjadi tempat persinggahan dan pawai Asian Para Games 2018 yang bakal terlaksana 6 hingga 13 Oktober 2018.

Ketua Pelaksana Asian Para Games (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari menjelaskan bahwa kota Makassar telah menjadi kota bersejarah karena kembali dilintasi obor Asian Para Games 2018.

“Kita jadi saksi sejarah. Ada 20 ribu orang yang turun ke jalan kampanyekan Asian Para Games,” kata Raja pada kegiatan Pawai Obor Asian Para Games di Rujab Gubernur Sulawesi Selatan, Rabu (12/9/3018).

Obor Asian Para Games 2018 sendiri akan diarak mulai dari Rujab Gubernur Sulsel menuju Lapangan Karebosi kemudian melewati beberapa ruas jalan di Kota Makassar.

Raja Sapta Oktohari menyebut bahwa ada beberapa alasan Makassar menjadi kota yang dilalui pawai obor Asian Para Games 2018. Salah satunya karena Makassar merupakan Barometer perjuangan dari Indonesia bagian Timur.

"Pertama bukan karena saya orang Makassar, tapi karena Makassar memang barometer perjuangan dari Indonesia timur. Kedua, kota ini layak disabilitas atas penilaian berbagai NGO dari luar negeri," ungkapnya.

Putra dari Ketua DPD RI ini juga menjelaskan bahwa Asian Para Games mengusung slogan “Gelorakan Semangat Peduli Disabilitas” bakal diikuti 5.000 atlet disabilitas dari 18 negara di Asia.

“Sebanyak 5.000 atlet, dan 1100 di antaranya memakai kursi roda. Mereka datang untuk mengumpulkan medali, bukan untuk dikasihani,” tegasnya.

© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Puluhan ribu orang turut meramaikan pawai obor Asian Paragames 2018 di Kota Makassar. Copyright: Wira Wahyu Utama/Indosport.comPuluhan ribu orang turut meramaikan pawai obor Asian Paragames 2018 di Kota Makassar.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengucapkan terima kasih kepada Inapgoc karena memilih Makassar jadi salah satu kota yang dilalui arak-arakan pawai obor Asian Para Games 2018.

Dirinya berharap agar semangat Asian Para Games bisa menular ke Porda Sulsel yang akan diselenggarakan akhir bulan September ini di Kabupaten Pinrang.

Pesta olah raga akbar Asian Paragames tercatat untuk kali pertama kali digelar di Indonesia. Ia Nurdin berharap Asian Para Games 2018 bisa mengikuti kesuksesan Asian Games 2018 yang telah terselenggara beberapa waktu lalu.

"Kita berharap dengan dimulainya dari Makassar jadi spirit masyarakat Sulsel. Kami juga bulan ini akan menyelenggarakan Porda Sulsel. Mudah mudahan spirit Asian Para Games ini terwujud di Sulsel," ujarnya.

Kegiatan pawai ini dihadiri oleh Kapolri, Jenderal Tito Karnavian; Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Umar Septono; Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, dan sejumlah atlet difabel nasional.

Setelah di Makassar, selanjutnya pawai obor Asian Para Games 2018 akan dibawa ke Bali (16/09), Pontianak (19/09), Medan (23/09), Pangkal Pinang (26/09) dan berakhir di Jakarta (30/9).

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Asian Para Games 2018 hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%