Begini Progres Pembangunan Stadion Megah Papua Bangkit

Sabtu, 15 September 2018 14:20 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Stadion Papua Bangkit yang disiapkan sebagai stadion utama pada perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua tahun 2020 mendatang, sudah memasuki tahap progres pembangunan 72 persen. 

Progres pembangunannya sendiri sudah meliputi pemasangan rangka atap space frame di tribune timur dan utara, pemasangan tribune pre cast di lantai dua tribune barat, pemasangan rain gun (alat penyiram rumput) di lapangan utama, ornamen fasad stadion, dan pemasangan tiang gawang.

Namun sayangnya, meski pembangunannya sudah mencapai 72 persen, Stadion Papua Bangkit diperkirakan tak akan selesai sesuai target yang ditentukan, yakni Desember 2018.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua, Daud Ngabalin, saat meninjau langsung progres pembangunan Stadion Papua Bangkit tersebut.

"Jika sesuai dengan rencana yang telah disepakati bersama, pekerjaan pembangunan stadion harus selesai di akhir tahun. Namun karena cuaca yang sering berubah setiap waktu membuat pekerjaan kemungkinan akan melewati batas waktu yang telah ditetapkan," ungkap Daud Ngabalin, Sabtu (15/09/18).

Dijelaskan, curah hujan yang tinggi dan angin kencang membuat pekerjaan tertunda, dan tentu akan berdampak juga pada proses penyelesaian akhir pembangunan Stadion Papua Bangkit.

“Kita tidak bisa memaksakan pekerja untuk bekerja pada saat cuaca buruk, apalagi pekerjaan dilakukan di tempat yang tinggi, otomatis resiko juga besar, jadi pekerja menyesuaikan dengan cuaca," ujarnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Site Enginering Manajer PT PP Tbk, Bima Oktriani, bahwa cuaca yang sering berubah menjadi kendala utama pekerjaan, yang berdampak pada penyelesaian pekerjaan.

Pihaknya meminta kepada pemilik proyek agar ada perpanjangan kontrak, karena sudah dipastikan bahwa pekerjaan akan melewati batas waktu yang telah ditentukan.

"Jika diberikan perpanjangan kontrak, maka pekerjaan akan selesai di bulan Maret atau April 2019," tandasnya. 

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Update Terus Perkembangan Stadion Utama Papua Bangkit di INDOSPORT