Pasca Asian Games 2018, Wisma Atlet Kemayoran Jadi Rusunawa

Sabtu, 15 September 2018 18:07 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Tempat istirahat para kontingen kala bertanding di Asian Games 2018, yakni Wisma Atlet Kemayoran segera akan disewakan secara umum. Pasalnya Wisma Atlet Kemayoran akan digunakan sebagai Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa).

Rusunawa sendiri dikhususkan untuk para Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Hal itu disampaikan oleh Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Yusuf Hadi Agung.

"Nanti besaran uang sewa akan diatur oleh pengelola usai Wisma Atlet Kemayoran diserahkan pada Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg)," kata Yusuf di Jakarta, dilansir dari kompas.com.

Yusuf juga menambahkan kalau sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan acuan, yakni Pasal 27 Peraturan Menteri (Permen) Nomor 1 Tahun 2018 mengenai Bantuan Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Susun.

"Setinggi-tingginya adalah sepertiga dari Upah Minimum Provinsi (UMP)," sambung Yusuf.

© Twitter/@jokowi
Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Copyright: Twitter/@jokowiWisma Atlet Kemayoran, Jakarta.

UMP Provinsi DKI Jakarta sendiri tembus hingga Rp3.648.035. Sehingga maksimal uang sewa untuk tinggal di Wisma Atlet Kemayoran dibebankan hanya Rp1.216.011.