GP Hungaria

Sebastian Vettel Jadi Raja di Hungaroring

Minggu, 26 Juli 2015 20:55 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Pebalap Mercedes Lewis Hamilton memulai GP Hungaria dengan buruk. Ia bahkan pada 7 lap awal tidak masuk dalam peringkat 10 besar. Duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen memimpin balapan. Sementara rekan Hamilton di Mercedes, Nico Rosberg menguntit di posisi tiga. 

Namun Hamilton tidak menyerah, perlahan tapi pasti ia mulai mengejar Vettel. Sempat terjadi insiden senggolan antara Hamilton dengan pebalap asal Brasil, Felipe Massa. Memasuki lap ke 12, Hamilton mulai meringsek ke posisi empat besar. 

Kecepatan Hamilton tak bisa dibendung hingga memasuki lap ke 17, Hamilton mampu melampaui duo Ferrari, Vettel dan Raikkonen. Akan tetapi Vettel kembali tunjukan penampilan impresifnya. Sementara Hamilton justru melorot ke peringkat empat. 

Memasuki lap ke 29, Hamilton sempat melewati pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo. Ia masih terpaut 34 detik dengan pemuncak klasemen, Sebastian Vettel. Hamilton kembali terdepan pada lap ke 33. Ia mencatatkan waktu 1:26,801 detik sementara Vettel miliki waktu 1:26,877 detik. 

Di peringkat tiga terbawah pun terjadi persaingan sengit antara Pastor Maldonado dengan Sergio Perez. Kedua pebalap ini bahkan harus bersenggolan, Maldonado bahkan harus keluar lintasan. 

Memasuki lap ke 42, yellow flag berkibar usai terjadinya kecelakaan yang dialami oleh Nico Hulkenberg. Pebalap Force India itu keluar lintasan dan menabrak dinding pembatas lintasan. Untungnya Hulkenberg tidak mengalami cedera yang cukup serius. 

Usai Yellow Flag, penampilan Hamilton terpuruk. Pada lap ke 56, pebalap asal Inggris itu bahkan terlempar ke peringkat 13. Sementara di tiga besar diisi oleh Sebastian Vettel, Nico Rosberg dan Daniel Ricciardo. Pada lap ke 64, persaingan antara peringkat 2 dan 3 semakin semakin sengit. Ricciardo dan Rosberg bahkan sempat bertabrakan yang membuat sayap depan mobil Ricciardo rusak. Akibat insiden ini, Rosberg pun terlempar hingga ke peringkat 8. Sementara Daniil Kvyat mampu menyodok ke peringkat dua. Vettel akhirnya mampu mengakhir lomba sebagai yang tercepat. 

Kemenangan ini tentu sangat berarti untuk Vettel dan tim Ferrari, pasalnya beberapa hari yang lalu mereka harus ditinggal pergi untuk selamanya pebalap muda mereka, Julles Bianchi. Vettel mengatakan usai memenangkan lomba bahwa kemenangan ini untuk Bianchi. "Forza Ferrari et merci, Jules. Always in our hearts. Sooner or later he would have been part of this team. this victory is for you,"  kata Vettel. 

HASIL LENGKAP GP HUNGARIA: 

5