Siap Geser Bridgestone, Ini Keunggulan Michelin

Sabtu, 22 Agustus 2015 02:02 WIB
Editor: Charles Emanuel Dominggus
 Copyright:

"Kami membawa beberapa solusi baru, profil yang sama dengan dua casing yang berbeda dan tiga senyawa yang berbeda. Untuk ban belakang profil yang sama, dua casing yang berbeda, dan dua senyawa yang berbeda. Ini adalah rencana [sebelum hujan],"ungkap Piero Taramasso, manajer Michelin seperti dilansir Crash.net.

Pengembangan ban depan menjadi berita utama setelah kecelakaan besar selama tes balapan di Sepang dan Mugello yang menimpa Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

"Ada masalah pasti di tes Sepang dan juga di tes Mugello. Ban tampaknya bekerja dengan baik, tapi ada masalah saat mendorongke  depan, " lanjut Taramasso.

Pergeseran pegangan Michelin ke arah belakang adalah kebalikan dari karakteristik Bridgestone. Merek asal Jepang menawarkan pegangan depan yang luar biasa dan fitur mesin dirancang untuk tapil maksimal.

"Bagian depan tampaknya menjadi kesulitan pada saat ini. Ban belakang, grip yang baik. Sangat mudah, sangat baik. Itu sebabnya kinerja, waktu putaran, bisa lebih diterima, "sambung Taramasso.

Sejumlah pebalap yang saat ini menggunakan Michelin sebelum Bridgestone menjadi pemasok ban eksklusif pada tahun 2009 adalah Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso dan Nicky Hayden.

Ban Michelin merajai MotoGP sejak 1976 hingga 2006, sebelum kalah pada 2007 dan 2008 oleh Casey Stoner dan Valentino Rossi yang menggunakan Bridgestone.

4