Selepas MotoGP, Menpora Ingin Formula 1 Digelar di Indonesia

Selasa, 29 Desember 2015 17:19 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zainal Hasan
© Kemenpora/INDOSPORT
 Copyright: © Kemenpora/INDOSPORT

Pihak pemerintah melalui Kemepora tampaknya antusias mendukung kemajuan bidang olahraga di Indonesia di bidang otomotif. Salahsatunya saat ini pemerintah melaui Kemenpora berniat menggelar ajang balapan MotoGP. 

Tak sampai di situ, setelah menyatakan akan menjamin digelarnya MotoGP 2017, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi juga memberikan dukungannya kepada pebalap tanah air, Rio Haryanto yang diprogreskan untuk berlaga di ajang balapan jet darat Formula 1.

Ternyata ada misi khusus dari semangat Menpora untuk mendukung Rio membalap di Formula 1. Pria yang kerap disapa Cak Imam ini juga berhasrat ingin menggelar Formula di Indonesia.

“Rio Haryanto akan kami usahakan sekuat tenaga agar dia (Rio) bisa masuk di Formula 1, ini akan menjadi sejarah baru. Insya Allah setelah menempatkan pebalap di F1 kita akan usahakan agar bisa menjadi tuan rumah juga, jadi kita sudah punya pebalapnya,” ujar Imam Nahrawi.

Sejauh ini kepastian Rio Haryanto untuk dapat tampil di ajang Formula 1 masih terkendala dana. Dibutuhkan sekitar 15 juta Euro, sementara sampai saat ini baru Pertamina yang akan menyumbangkan dana sebesar 5,2 juta Euro namun baru akan diturunkan setelah ada kepastian sisa dana 10 juta Euro telah terkumpul.

“Yang dibutuhkan adalah 15 juta Euro, yang sudah dapat waktu itu baru 5 juta, kemudian ternyata ada tambahan jadinya 5,2. Tetapi uang tersebut baru akan di transfer Pertamina setelah sisa uang 10 juta dipastikan siapa saja yang akan tanggung. Mereka (Pertamina) butuh komitmen. Untuk yang lainnya itu kemarin rencana tanggal 22 Desember kami berinisiatif berkumpul dengan BUMS untuk kekurangannya itu, akan tetapi karena sudah keburu akhir tahun begini jadi gak bisa, terkendala dengan liburan,” tambah Deputi Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto.

26