Tak Dapat Penghargaan Driver of the Day, Rio Haryanto Dicurangi?

Selasa, 22 Maret 2016 06:22 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Pembalap asal Swiss, Romain Grosjean menjadi pembalap pertama yang meraih penghargaan Driver of the Day musim ini. Grosjean finis di urutan ke enam dalam seri pertama balapan Formula 1 di  Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia. 

Grosjean mendapat suara terbanyak untuk mendapat penghargaan yang dilakukan melakuk voting online ini. Situs resmi Formula 1 tak memberikan detail rinci berapa banyak netizen yang memberikan suaranya masing-masing pembalap. Tak disebut juga berapa banyak suara yang didulang Grosjean sehingga layak mendapat penghargaan tersebut.

Hanya saja mereka memberi catatan tak menghitung suara yang diduga dilakukan oleh orang yang sama dengan melakukan voting berulang kali. 

"Demi keadailan, sejumlah suara yang diidentifikasi berasal dari sumber yang sama tak dihitung." 

Namun demikian, akun twitter @ManorF1FanBlog mengungkap bahwa seharusnya Rio Haryanto lah yang mendapat penghargaan tersebut. Akun twitter tersebut mengunggah foto jumlah suara yang didapat masing-masing pembalap. Namun tak jelas dari mana sumber hasil voting tersebut mereka dapatkan. 

Dari foto yang diunggah, Rio Haryanto mendapat 22143 suara. Hasil ini terpaut sangat jauh dengan perolehan suara Grosjean yang hanya meraih 13670 suara. 

Apakah Rio Haryanto dicurangi?

1K