Formula 1

Alat Pelindung 'Halo' F1 Jalani Tes Terakhir Pekan Ini

Rabu, 29 Juni 2016 14:23 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Alat pelindung ‘Halo’ sendiri merupakan perangkat yang dirancang khusus untuk melindungi kepala pengemudi dari puing-puing pecahan mobil atau ban yang terbang akibat tabrakan.

Sebelumnya, alat pelindung ‘Halo’ tersebut sudah pernah digunakan dalam uji coba pramusim. Tim-tim seperti Ferrari dan Red Bull sudah merancang alat ‘Halo’ dengan versi sendiri.


Alat pelindung 'Halo' milik tim Red Bull

Meski dianggap aman, namun alat tersebut juga memiliki kelemahan yakni bisa menghambat pembalap untuk keluar dari kokpit.

Rencananya alat tersebut akan digunakan pada balapan Formula 1 musim 2017 nanti. Sebelum diperkenalkan, FIA akan melakukan tes terakhir di akhir pekan ini.


Alat pelindung 'Halo' versi tim Mercedes

“Masih ada banyak pekerjaan untuk bisa mewujudkannya,” kata General Manager Riset untuk FIA Global Institute, Laurent Mekies seperti dikutip dari ESPN.

“Kami masih memiliki waktu untuk menguji alat tersebut dan kami masih akan melakukan pertemuan dengan tim. Kemungkinan desain sasis masih bisa berubah,” jelasnya.


Alat pelindung 'Halo' versi Ferrari

“Kami akan menjalani tes terakhir pekan ini dan kami akan bertemu dengan tim lagi di awal Juli dan melihat hasilnya,” ujarnya.

“Setelah itu ada implikasi untuk desain sasis dan masih ada banyak waktu di mana beberapa tim mulai memastikan desain sasis mereka,” tandasnya.