MotoGP

Race Direction MotoGP Tegaskan Marquez Tidak Lakukan Kecurangan

Rabu, 20 Juli 2016 00:24 WIB
Editor: Randy Prasatya
 Copyright:

IRTA (International Road-Racing Teams Association) sudah melakukan investigasi telemetri dari motor Marc Marquez. Dari pemeriksaan itu, Marquez dinilai tidak melakukan kecurangan dalam balapan di Sirkuit Sachsenring, Jerman (17/07).

Investigasi itu bermula dari munculnya video, yang saat pertukaran motor salah satu mekanik Marquez terlihat memegang kopling dan kendaraan RC213V dalam sudah masuk gigi satu.

Isu miring itu pun saat ini bisa dikatakan selesai usai race direction MotoGP memberikan pernyataannya. Menurutnya itu sudah dilakukan saat pemanasan jelang balapan.

"Marquez melakukannya di waktu pemanasan (foto) jadi kami bersama [Repsol Honda] mengatakan, 'kami memegang tuas kopling sehingga ia (Marquez) dapat melompat di atas motor dan memasuk gigi saat ia jalan', ujar Mike Webb, race direction MotoGP, seperti dikutip Crash.

"Jadi motor itu netral ketika ia tiba dan mereka persis mengikuti pedoman yang saya berikan, yang merupakan; pembalap meletakkan motornya (dengan posisi siap masuk gigi),” sambungnya.

"Saya meminta Danny [Aldridge, direktur teknis] untuk memeriksa data dan mengonfirmasikan bahwa itu adalah netral. Jadi saya senang bahwa pergantian itu baik-baik saja, mereka tahu apa yang mereka lakukan dan tahu aturan,” tegas Webb.

733