FIM Asia Supermoto Championship 2016

Diikuti Pembalap Dunia, Malang Siap Gelar Supermoto Kelas Dunia

Selasa, 16 Agustus 2016 16:32 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Hendra Mujiraharja
© Ian/Indosport
Kabupaten Malang Siap Gelar Supermoto 2016 Copyright: © Ian/Indosport
Kabupaten Malang Siap Gelar Supermoto 2016

Ajang balap motor ketangkasan bertajuk "FIM Asia Supermoto Championship 2016" untuk pertama kalinya akan digelar di Indonesia. Balap motor yang mengandalkan ketangkasan berpadu dengan pariwisata ini menjadi agenda rutin dari Asia Supersports Group (ASG) sejak 2013 dan sebelumnya hanya digelar di Malaysia.

Pemilihan lokasi kejuaraan supermoto dari federasi otomotif se Asia itu pun jatuh pada Kabupaten Malang dengan sejumlah pertimbangan. Salah satunya adalah untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bumi Singhasari itu yang ke-1256 tahun.


Jumpa pers tentang FIM Asia Supermoto Championship 2016 yang akan berlangsung di Malang.

"Kami memilih Indonesia dan khususnya Malang, karena perkembangan Supermoto di sini sangat bagus dengan banyaknya komunitas Supermoto," tutur Satheswaran Mayachandran dalam konferensi pers di Pendopo Kabupaten Malang.

"Banyak pebalap potensial yang perlu dikembangkan maupun sisi pariwisata yang menarik," CEO ASG sekaligus sebagai promotor kejuaraan supermoto di Asia itu.

Selain Indonesia, kejuaraan supermoto ini juga akan digelar di tiga negara Asia Tenggara lainnya. Dimulai dari seri pertama di Newcastle (Australia), kemudian berlanjut ke Malang (Indonesia), Pampanga (Filipina) dan berakhir di Kuala Lumpur (Malaysia).

Gelaran kejuaraan Supermoto di Indonesia memang baru tahun ini dilaksanakan. Meski demikian, pihak promotor kejuaraan Supermoto optimis even otomotif ini akan menjadi magnet baru bagi para penggila dunia otomotif, terutama penggemar Race dan off-road.

Promotor kejuaraan FIM Asia Supermoto Championship 2016 menargetkan sebanyak 28 pembalap dari 20 negara akan ikut meramaikan seri kedua di Indonesia pada Oktober nanti.

Supermoto adalah gabungan antara balap jalanan dan motokross. Motor yang digunakan umumnya adalah jenis motor motokross dengan ban motor balap jalanan. Lintasan yang digunakan untuk perlombaan juga campuran antara jalanan dan lintasan berlumpur atau tanah.

Agenda Kejuaraan

Seri 1 (03 & 04 September 2016) : Newcastle - Australia

Seri 2 (08 & 09 Oktober 2016) : Malang - Indonesia

Seri 3 (12 & 13 November 2016) : Pampanga - Philippina

Seri 4 (17 & 19 Desember 2016) : Kuala Lumpur – Malaysia

Kategori Pertandingan Supermoto Seri 2 Malang:

Kategori Main Race

1. Asia Supermoto (SM1)

Kategori Supporting Race

1. Prostock

2. Superstok

3. Sm2

4. SM Pro Open

5. SM Veteran

Kategori Community Race

1. Lite East Java

2. Lite Nasional

3. Prostock East Java

4. Prostock National

15