Formula 1

Balapan Membosankan, Ecclestone Tawarkan Format Baru di F1

Selasa, 22 November 2016 14:41 WIB
Editor: Ramadhan
 Copyright:

Bos F1, Bernie Ecclestone masih yakin bahwa perhelatan balap jet darat akan tetap menarik minta penonton. Namun, Ecclestone mengusulkan bahwa format balapan F1 perlu diubah agar animo publik tetap tinggi.

Saat berbicara kepada Sunday Times, Ecclestone mengusulkan untuk mengubah format balapan F1 dari format 1 balapan menjadi 2 format balapan. Menurut pria berusia 86 tahun itu, format tersebut akan lebih menarik untuk penonton modern.

Tak hanya itu, format baru tersebut juga akan menarik para sponsor dan pengiklan. Hal itu tak lepas dari adanya gap untuk mewawancarai pembalap di sela-sela balapan jika ada dua format balapan masing-masing selama 40 menit.

Bos Formula 1, Bernie Ecclestone.

“Kita perlu untuk melihat kembali konsep satu balapan yang panjang tersebut. Dua format balapan yang dibagi masing-masing 40 menit balapan dan 40 menit jeda dengan diselingi wawancara dengan para pembalap, itu akan menjadi menarik,” kata Bernie Ecclestone kepada Sunday Times.

“Tentunya akan sangat menarik buat penonton dan perusahaan TV. Tak hanya itu, para sponsor dan para pengiklan juga akan menyukainya,” tandasnya.

Ecclestones juga mengkritik regulasi yang ada di F1 saat ini bahwa kebijakan-kebijakan yang ada sekarang membuat para pembalap tidak bisa membalap seperti seharusnya. Sebab banyak pembalap yang frustasi dengan regulasi yang ada, begitu juga bagi penonton.


Aksi para pembalap Formula 1 di lintasan.

Balapan F1 musim 2016 sendiri masih menyisakan satu seri lagi yakni di Grand Prix Abu Dhabi, 27 November 2016. Juara dunia masih akan diperebutkan secara ketat oleh dua pembalap Mercedes, Nico Rosberg (367 poin) dan Lewis Hamilton (355 poin).

Penulis: Panji Budiman

48