Formula 1

Demi Target Juara, Bottas Siap 'Rampok' Hamilton

Jumat, 17 Maret 2017 05:44 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Mark Thompson/Getty Images
Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton. Copyright: © Mark Thompson/Getty Images
Valtteri Bottas dan Lewis Hamilton.

Dalam ajang balap Formula 1 musim 2017, Valtteri Bottas resmi bergabung dengan Mercedes, meninggalkan Williams, tim yang sudah empat musim ia bela. Kepindahan Bottas ke Mercedes pun membuatnya berpasangan dengan Lewis Hamilton sebagai rekan satu tim.

Memiliki rekan yang sudah tiga kali meraih gelar juara, biasanya akan membuat seorang pembalap merasa tertekan karena jelas dituntut memiliki kemampuan yang sama.

Bottas akan menjalani musim perdananya bersama Mercedes.

Uniknya, hal tersebut justru tidak dirasakan oleh pembalap asal Finlandia itu. Alih-alih, Bottas justru menganggapnya sebagai kesempatan emas untuk mencuri ilmu-ilmu balap dari Hamilton.

"Mempelajari apa saja yang sudah ia lakukan dalam menyiapkan mobilnya adalah hal penting untuk dilakukan. Saya juga sudah memperhatikan gaya balap yang ia lakukan dan banyak hal baru yang saya pelajari darinya," ujar Bottas seperti dikutip dari Crash.

Menurut Bottas, mengawasi secara cermat Hamilton saat mempersiapkan mobilnya adalah hal yang wajib ia lakukan, bila ingin tampil gemilang di musim perdananya bersama Mercedes.

Bottas menyebut Hamilton sebagai sumber ilmu yang bisa meningkatkan kemapuannya sebagai pembalap.

"Saya tidak serta-merta mengambil segala sesuatu yang dimiliki oleh Lewis, namun memiliki rekan sepertinya membuat Anda selalu punya hal baru untuk dipelajari. Untuk itu, Lewis adalah sosok yang akan saya terus pantau, karena adalah hal yang bodoh bila saya tidak melakukannya," pungkasnya.

Bottas sendiri telah menyelesaikan tes pramusim pertamannya di Sirkuit Catalonia, Spanyol beberapa waktu lalu. Dari hasil tes tersebut, Bottas tercatat sebagai pembalap tercepat ketiga dengan catatan waktu terbaik mencapai 1 menit 19,310 detik.