MotoGP

Finish Kelima, Lorenzo Takjub dengan Vinales

Jumat, 24 Maret 2017 08:31 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Crash
Jorge Lorenzo dalam sesi Free Practice Sirkuit Losail, Qatar. Copyright: © Crash
Jorge Lorenzo dalam sesi Free Practice Sirkuit Losail, Qatar.

Musim balap MotoGP 2017 telah dimulai dengan sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Losail, Qatar. Pembalap anyar Yamaha, Maverick Vinales masih mendominasi dengan finish tercepat, yakni mencatat waktu 1 menit 54,316 detik. Vinales pun sukses membuat Jorge Lorenzo terkesan dengan penampilannya.

Lorenzo pun tak ketinggalan mengomentari pencapaian pembalap penggantinya di Yamaha itu. "Hari ini sangat berangin dan treknya licin. Jadi sangat mengesankan bagaimana cepatnya Vinales karena treknya lebih buruk daripada saat tes," ujarnya kepada Crash.

Namun hasil Vinales ini sebenarnya tak mengherankan. Pembalap 22 tahun ini mencatat hasil tercepat di ketiga tes pramusim yang sudah berlangsung. Ia melaju mulus tanpa kesulitan berarti, sementara rekannya Valentino Rossi belum juga menunjukkan tajinya. Juara bertahan tahun lalu, Marc Marquez pun sempat kesulitan dengan desain fairing baru di motornya selama uji coba pramusim.

Lorenzo sendiri juga tengah beradaptasi dengan motor GP17 milik Ducati. Tak hanya menyalahkan angin, pembalap Spanyol ini juga mengaku kesulitan dengan salah memilih ban. Ia awalnya memakai ban keras, lalu menggunakan ban belakang yang halus menjelang sesi berakhir dan kecepatannya agak menurun.

"Kami sedikit kesulitan dengan anginnya. Ini benar-benar bukan kondisi yang cocok untuk ban keras. Saat kami pakai ban halus, rasanya lebih baik meski hanya untuk beberapa putaran," akunya.

Juara dunia lima kali ini pun akan mencoba hal baru untuk sesi esok hari dan berupaya mencari formula yang tepat untuk membalap di segala kondisi.