Formula 1

Hamilton Raih Pole Position di Australia

Sabtu, 25 Maret 2017 15:21 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/@F1
Lewis Hamilton saat melaju di lintasan Sirkuit Melbourne. Copyright: © Twitter/@F1
Lewis Hamilton saat melaju di lintasan Sirkuit Melbourne.

Balapan Grand Prix Australia sudah menyelesaikan babak kualifikasi. Lewis Hamilton yang mendominasi di dua sesi latihan bebas kemarin, sukses merebut pole position. Di kualifikasi pertama, ia mencatat waktu putaran 1 menit 24,191 detik, kualifikasi kedua 1 menit 23,251 detik, dan terakhir 1 menit 22,188 detik.

Ini merupakan pole position keenam yang diraih Hamilton di Australia. Catatan rekor tersebut menyamai prestasi legenda F1, Ayrton Senna. Di belakang Hamilton, menyusul Sebastian Vettel. Pembalap Ferrari itu akan memulai balapan di baris terdepan untuk pertama kali bagi timnya sejak GP Singapura pada 2005. Hamilton dan Vettel terakhir kali bersama-sama di baris depan saat GP Bahrain 2015.

"Perubahan aturan sangat besar, tim kami bekerja sangat keras. Saya menantikan balapan ini, menurut saya ini akan berlangsung ketat," komentar Hamilton usai kualifikasi.

image article indosportHasil babak kualifikasi Grand Prix Australia.

Di belakang Vettel ada Valtteri Bottas, baru Kimi Raikkonen yang berada di posisi empat. Pembalap tuan rumah, Daniel Ricciardo, mengalami insiden di tikungan 14 pada kualifikasi ketiga. Ia pun harus puas menempati posisi kesepuluh. 

Pembalap pengganti Pascal Wehrlein, Antonio Giovinazzi, meraih hasil yang lebih baik dibanding sesi latihan bebas ketiga pagi tadi. Ia yang tadi berada di urutan paling belakang, kini menempati posisi 16.

Di posisi buncit ada pembalap Sauber, Jolyon Palmer. "Mobilnya sangat buruk. Hari ini adalah bencana. Remnya buruk, keseimbangan jelek, dan daya tariknya juga buruk," keluh Palmer kepada Sky Sports.