Formula 1

Vettel Dobrak Dominasi Mercedes, Stroll Kena Penalti

Sabtu, 25 Maret 2017 12:02 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter/@ScuderiaFerrari
Sebastian Vettel tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga di Sirkuit Melbourne, Australia. Copyright: © Twitter/@ScuderiaFerrari
Sebastian Vettel tercepat dalam sesi latihan bebas ketiga di Sirkuit Melbourne, Australia.

Sebastian Vettel sukses memutus dominasi Mercedes di sesi latihan bebas di Sirkuit Melbourne, Australia. Pembalap 29 tahun ini finish tercepat pada sesi latihan ketiga, dengan mencatatkan waktu terbaiknya, yakni 1 menit 23,380 detik. Ia menggunakan ban ultra halus pada sesi kali ini.

Di belakangnya, Valtteri Bottas masih konsisten di peringkat kedua selama tiga sesi ini. Pembalap anyar Mercedes ini mencatat waktu 1 menit 23,859 detik. Sementara Lewis Hamilton yang memimpin di sesi satu dan dua, tersingkir ke posisi ketiga dengan 1 menit 23,870 detik.

image article indosportHasil sesi latihan bebas ketiga di Sirkuit Melbourne, Australia.

Rekan Vettel di Ferrari, Kimi Raikkonen, masih berada di posisi empat. Sementara dua pembalap Red Bull, Daniel Ricciardo turun ke posisi enam dan Max Verstappen terjungkal di posisi ke-12.

Sesi latihan harus berhenti sepuluh menit lebih awal karena Lance Stroll mengalami insiden. Pembalap Williams ini menabrak dinding pembatas di tikungan 9.

Kabar terakhir dari Motorsport, Stroll mendapat penalti lima posisi di Grand Prix Australia. Pasalnya, karena tabrakan itu, Williams memakai gearbox baru supaya sang pembalap bisa melanjutkan sesi latihan bebas. Padahal, gearbox harus dipakai selama enam event berturut-turut.

Tim Sauber berada di posisi bawah. Pascal Wehrlein yang baru diumumkan tidak fit untuk mengikuti GP Australia, langsung digantikan Antonio Giovinazzi di sesi latihan bebas ketiga ini. Namun Giovinazzi tak mencatat hasil baik, ia tercatat di posisi buncit dengan catatan waktu 1 menit 28,563.