MotoGP

6 Fakta MotoGP Assen: Dominasi The Doctor hingga Jackass

Rabu, 21 Juni 2017 16:21 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Marc Marquez. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT/Getty Images
Maverick Vinales, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

MotoGP Belanda akan kembali diselenggarakan pada 23-25 Juni mendatang di Sirkuit Motul TT Assen, Amsterdam. Sirkuit ini merupakan arena yang tak pernah absen menyelenggarakan kejuaraan dunia balap motor sejak 1949 yang diselenggarakan oleh Federasi Balap Motor Internasional (FIM).

Baca Juga

Maverick Vinales masih memimpin puncak klasemen MotoGP saat berlaga di Assen dengan koleksi 111 poin. Menurut laman MotoGP, ini merupakan skor terendah dari pemuncak klasemen dalam tujuh balapan yang telah berlangsung, sejak sistem poin ini diperkenalkan pada 1993.

© twitter@YamahaMotoGP
Maverick Vinales dan Valentino Rossi Copyright: twitter@YamahaMotoGPMaverick Vinales dan Valentino Rossi.

Vinales pun harus kembali bertarung sengit dengan rekan setimnya, Valentino Rossi yang punya catatan gemilang di Assen. Mereka pun tak boleh menyepelekan para pembalap satelit dan independen yang terbukti kerap membuat kejutan, seperti rookie Johann Zarco dan Jack Miller.

Lantas apa saja fakta-fakta di balik balapan di GP Belanda ini? Berikut INDOSPORT telah merangkum berbagai fakta menarik terkait balapan seri kedelapan yang dalam hitungan hari bisa Anda nikmati.