MotoGP

Gara-gara Tinggi Badan, Vinales Lebih Unggul dari Rossi?

Sabtu, 3 November 2018 16:12 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Valentino Rossi dalam jumpa pers Copyright: © Getty Images
Valentino Rossi dalam jumpa pers

INDOSPORT.COM – Pembalap MotoGP Yamaha, Valentino Rossi, mengungkapkan alasan mengapa selama ini ia sulit untuk mendapatkan grip terbaik dalam setiap balapan yang ia lakoni. Rossi berpendapat bahwa postur tubuh yang membuat ia kesulitan mengontrol YZR-M1nya.

Rossi yang memiliki tinggi badan 10 cm lebih tinggi dari rekan setimnya, Maverick Vinales, memiliki bobot tubuh yang lebih berat dari Vinales sehingga hal tersebut membuatnya kesulitan dalam mengelola ban belakang.

Selain pengaruh dari berat badan, Rossi yang bertinggi 171 cm juga mengakui bahwa dengan tinggi badannya itu membuat ia lebih sulit untuk melakukan maneuver dengan motor dan mengurangi tekanan pada ban belakang.

“Bagi saya, beberapa perbedaanya adalah berat, namun itu tidak jauh. Tapi toh, saya sedikit lebih berat,” Rossi membandingkan dirinya dengan Vinales, yang baru saja memutus rekor puasa kemenangan Yamaha di Phillip Island dikutip dari situs berita olahraga Motorsport.

“Khususnya ukuran saya, saat Anda panjang dan tinggi, itu lebih sulit untuk daya tahan ban. Anda memiliki beberapa keunggulan lainnya, namun tampaknya Anda memberi tekanan lebih pada ban belakang."

“Anda perlu bekerja dengan cara lain dalam hal posisi motor dan segalanya, karena tampaknya dengan ban jika bebannya terlalu berat Anda akan sangat menderita."

“Juga benar bahwa Maverick memiliki posisi berbeda dengan motor, ia sedikit lebih ke depan khususnya bagian atas badan. Ini perbedaannya, tapi saya lebih tinggi, saya perlu sedikit memodifikasinya,” lanjut pembalap berjuluk The Doctor tersebut.

Jika Rossi ingin meningkatkan grip pada ban belakang pada akhir pekan nanti di Sepang, M1 miliknya terpaksa mengorbankan kecepatan puncak motor, tetapi dengan perubahan tersebut Rossi merasa senang dan puas.

Setelah dilakukan perubahan, Rossi berhasil menjadi pembalap keenam dalam hasil latihan bebas MotoGP Malaysia, sementara rekan setimnya, Vinales, Berhasil menjadi pembalap tercepat keempat dalam sesi latihan bebas, Jumat (02/11/18).

Penulis: Daniel Ramos Putra

Ikuti Terus Berita MotoGP dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM