Formula 1

Dikritik Minim Salip Menyalip, F1 Luncurkan Regulasi Baru di Musim 2019

Rabu, 28 November 2018 14:30 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© F1 Fansite
Logo Formula 1 Copyright: © F1 Fansite
Logo Formula 1

INDOSPORT.COM - Dengan berakhirnya seri Abu Dhabi, Minggu (25/11/18) dipastikan ajang balap F1 di musim ini telah berakhir. Pembalap veteran Inggris, Lewis Hamilton dan tim pabrikan Mercedes pun berhasil menutup musim ini dengan bertengger di puncak klasemen akhir 2018.

Pada musim ini, FIA selaku induk yang bertangung jawab atas kompetisi balap jet darat ini terus-menerus mendapatkan kritikan dari para penggemarnya.

Kritik demi kritik dilontarkan ke FIA, tak lain karena kurangnya aksi salip-menyalip yang sudah identik dengan kompetisi F1.

Tak ayal, selepas berakhirnya musim 2018. FIA langsung meluncurkan sebuah terobosan terbaru untuk musim 2019 nanti.

Dengan memfokuskan untuk mengembalikan aksi salip-menyalip. FIA pun meluncurkan sebuah regulasi mengenai aerodinamika. Hal ini diumumkan melalui situs resmi F1.

"Selamat tinggal 2018, hallo 2019! Musim ini memang sudah berakhir, tapi untuk beberapa bulan dari sekarang seluruh tim akan fokus ke tahun depan."

"Tujuan utama yang mendasari perubahan tersebut adalah untuk mengubah aerodinamika mobil F1 sedemikian rupa sehingga pengemudi dapat membalap lebih dekat."

"Pada dasarnya dengan membuat mobil-mobil kurang dihambat oleh 'medan kekuatan' tak terlihat dari 'udara kotor' yang datang dari mobil di depan. Bagaimana ini bisa tercapai? Izinkan kami menjelaskannya," tulis F1 dalam pengumumannya.

Dalam video yang tertera, F1 pun coba menjelaskan beberapa pergantian-pergantian, seperti beberapa bagian di depan mobil akan dihilangkan pada musim depan.

Beberapa diantaranya, ialah ujung sayap depan yang bertujuan membuang aliran udara akan dihilangkan dan digantikan oleh sebuah sayap depan yang dilebarkan dari ukuran 1.800mm menjadi 2.000mm. 

Hal tersebut dilakukan demi mendongkrak penampilan tunggangan para pembalap ketika bertanding nantinya. Selain itu, perubahan pada sayap depan turut dibuat lebih maju 25mm, guna memaksimalkan performa mobil, dan juga untuk membantu para pembalap mengimbangi para pesaingnya yang sudah unggul jauh didepan.

Tak cukup sampai disitu saja, ketinggian sayap yang ada di mobil F1 akan ditambah menjadi 20mm, guna menambah tenaga dan menghilangkan gangguan-gangguan pada grip depan, bila nantinya aksi salip-menyalip terjadi.

Sistem pengurangan drag aerodinamika pada sayap belakang turut dilebarkan menjadi 85mm. Lebar sayap belakang pun turut diluaskan menjadi 1050mm.

Beberapa perubahan lainnya, yakni pelat lurus yang berada di bagian bawah sayap depan dikurangi menjadi dua saja.

Tentu saja perubahan-perubahan ini diperuntukan untuk membuat sebuah lubang udara yang bisa membatu para pembalap di musim 2019 melakukan aksi salip-menyalip di setiap pertandingannya.

Penulis: Ridi F Khan

Ikuti Terus Berita Olahraga dan Sepak Bola hanya di INDOSPORT