Formula 1

Ferrari Bakal Luncurkan Mobil Baru Jelang Tes Pra Musim F1 2019

Rabu, 16 Januari 2019 17:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© AUSmotive.com
2014 Ferrari F14T. Copyright: © AUSmotive.com
2014 Ferrari F14T.

INDOSPORT.COM – Tim Ferrari dikabarkan akan memperkenalkan mesin barunya untuk ajang balapan Formula 1 2019 sebelum jadwal tes pramusim berlangsung.

Menurut laman motorsport.com, mesin baru yang akan diperkenalkan untuk balapan musim ini adalah ‘670’. Mesin tersebut nantinya akan resmi diperkenalkan secara publik di markas tim di Maranello pada 15 Februari.

Selanjutnya, mesin tersebut juga diujicobakan untuk pertama kalinya di Spanyol, tepatnya di sirkuit di Barcelona dua hari sesudah diperkenalkan, atau tepatnya sebelum hari pertama tes pramusim yang berlangsung selama empat hari di sirkuit yang sama pada 18 Februari.

Mengantisipasi adanya penundaan promosi mesin baru ini, Ferrari juga mengumumkan bahwa rencana pengenalan tersebut bisa dilakukan sampai tes pramusim pertama selesai dilakukan.

Ajang promosi mesin baru Ferrari ini sejatinya memanfaatkan peraturan pihak Formula 1 yang memperbolehkan masing-masing  tim melakukan dua kali promosi setiap musimnya.

Menurut peraturan tersebut, ajang ini harus dilakukan murni sebagai promosi. Mereka tidak boleh menjalankan mesin lebih dari 100 km dan hanya menggunakan ban Pirelli dengan spesifikasi khusus.

Promosi ini sangat berguna bagi tim yang meluncurkan mesin baru. Pasalnya, mereka memiliki kesempatan untuk memeriksa masalah gigi dan adanya potensi cacat sebelum digunakan untuk tes pramusim.

Berikut ini beberapa jadwal penting masing-masing tim menjelang pramusim F1 2018:

12 Februari: Peluncuran tim Renault

13 Februari: Peluncuran tim Racing Point

14 Februari: Peluncuran tim McLaren

15 Februari: Peluncuran tim Ferrari

18-21 Februari: Tes pramusim pertama

26 Februari - 1 Maret: Tes pramusim kedua

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM