MotoGP

Keberatan soal Winglet Ditolak, Dovizioso Tetap Juara MotoGP Qatar

Rabu, 27 Maret 2019 09:59 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso. Copyright: © Getty Images
Pembalap Ducati, Andrea Dovizioso.

INDOSPORT.COM - Pihak Federasi Motor Internasional (FIM) telah menolak keberatan sejumlah tim soal penggunaan winglet Ducati di MotoGP Qatar yang diduga menyalahi aturan. Hal ini sekaligus memastikan kemenangan Andrea Dovizioso tetap sah.

Sebagaimana diketahui, Suzuki, KTM, Aprilia, dan Honda memang melancarkan protes keras lantaran menduga adanya penggunaan perangkat ilegal pada winglet Ducati, yang mana memberikan keuntungan aerodinamik untuk motor Dovizioso.

Pihak Ducati sendiri sudah membantah mentah-mentah tudingan tersebut. Mereka beralasan perangkat tersebut memang sengaja dipasang untuk mendinginkan kondisi ban belakang.

Meski empat tim yang mengajukan protes tetap kekeh dengan pendiriannya, pada Selasa (26/03/19) malam atau Rabu (27/03/19) dini hari, FIM akhirnya memutuskan penggunaan winglet Ducati tidak bermasalah dan tidak melanggar ketentuan.

Keputusan tersebut diambil setelah melalui banyak pertimbangan dalam sidang yang digelar di Meiss, Swiss, pada hari Jumat (22/03/19) lalu. Pengadilan Banding MotoGP juga sudah mengirim pemberitahuan kepada pihak-pihak terkait, termasuk para penuntut.

“Banding yang diajukan tim Aprilia, Suzuki, Honda, dan KTM dapat diterima. Permintaan untuk menyatakan penggunaan perangkat tersebut ilegal dan melarang penggunaannya di balapan-balapan selanjutnya, ditolak,” demikian pernyataan yang dimuat di laman berita olahraga MotoGP.

Pengadilan Banding MotoGP pun memastikan hasil akhir balapan di Qatar yang dimenangkan Dovizioso sudah final. Namun empat tim tersebut masih bisa mengajukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga dalam kurun waktu lima hari setelah keputusan ini dibuat.

Dovizioso tampil sebagai pemenang MotoGP Qatar setelah unggul 0,026 detik dari Marc Marquez yang mengekorinya di posisi ke-2. Balapan MotoGP selanjutnya akan digelar di Sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina pada Minggu (31/03/2019) atau Senin (01/04/19) pagi WIB.

Ikuti Terus Berita Olahraga MotoGP dan Berita Sepak Bola Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM