Formula 1

Gara-gara Kantong Plastik, Bottas Gagal Juara di F1 GP Bahrain 2019

Senin, 1 April 2019 21:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Indosport.com
Valtteri Bottas saat menjuarai F1 GP Australia. Copyright: © Indosport.com
Valtteri Bottas saat menjuarai F1 GP Australia.

INDOSPORT.COM – Munculnya kantong plastik yang melayang-layang di atas Sirkuit Bahrain membuat Valtteri Bottas terganggu dan gagal menjuarai balapan kedua Formula 1 GP Bahrain 2019, Minggu (31/03/19) waktu setempat.

Pembalap Mercedes itu hanya mampu menyelesaikan balapan di urutan kedua, di belakang rekan setimnya Lewis Hamilton yang menjuarai balapan GP Bahrain.

Keberhasilan duo Mercedes ini disebut-sebut karena memanfaatkan kemalangan dua pembalap Ferrari, Charles Leclerc dan Sebastian Vetell akibat masalah mesin.

Bagi Bottas, kegagalannya menjuarai balapan ini setelah di sesi pertama di Australia menang, dikarenakan gangguan kantong plastik yang sempat menyangkut di salah satu sayap mobilnya.

“Ini benar-benar sangat sulit mempertahankan ritme. Saya berusaha menghemat mesin di beberapa tiktik di mana tidak ada ancaman dari belakang dan jarak lebar di depan,” kata Bottas dilansir laman Autosport.

“Selain itu, saya menghadapi kantung plastik yang sempat menyangkut di sayap depan mobil, sehingga menurunkan performa, jadi ini bukan balapan yang sempurna,” lanjutnya.

Insiden kantong plastik ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Formula 1. Pembalap Williams, Sergey Sirotkin pernah menyelesaikan lima laps sebelum dipaksa menepi karena kerusakan mesin akibat kantung plastik ketika debutnya di F1 GP Australia 2018.

Meski hanya puas meraih podium kedua, Bottas masih memimpin klasemen Formula 1 2019 dengan perolehan 44 poin. Rekan setimnya, Hamilton, membayangi di tempat kedua dengan selisih satu poin.

Balapan F1 seri ketiga selanjutnya akan berlangsung di Sirkuit Internasional  Shanghai dengan tajuk GP China yang akan digelar dua pekan lagi, 14 April 2019.

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM